Exact matches only
Search in title
Search in content
Search in comments
Search in excerpt
Search in posts
Search in pages
Search in groups
Search in users
Search in forums
Filter by Categories
Announcements
Community
Entrepreneur
Internet
Motivation
Opportunity
People
Tips and Tricks
3 Sifat Yang Diperlukan Dalam Seni Menjual
March 17, 2014
0
The Art of Selling

Bila kamu ingin menjadi seorang wirausaha yang sukses, keahlian untuk menjual adalah sesuatu yang harus dimiliki untuk menjual produkmu. Pada kenyataannya tidak semua orang mempunyai keahlian tersebut namun kamu bisa mempelajarinya dan yang terpenting kamu harus bisa mengembangkan ketiga sifat ini: Kepercayaan diri, keyakinan dan karisma. Bila kamu punya ketiganya, maka dipastikan kamu bisa menjual barang apapun.

Mari kita bahas satu persatu tentang ketiga sifat yang kamu perlukan dalam seni menjual:

1. Kepercayaan diri. Apakah kamu mempunyai kepercayaan diri untuk merepresentasikan produk dan jasamu sehingga pelanggan yakin akan nilai dan manfaatnya? Saat kamu menunjukkan kepercayaan dirimu kamu akan memancarkan energi yang menular. Jika kamu percaya diri, kamu meyakinkan. Orang lain akan mendengarkanmu dan percaya padamu.

Kepercayaan diri juga berarti memberi inspirasi pada orang untuk merasa percaya diri juga. Saat mereka yakin padamu, mereka akan bersedia terus menjalankan bisnis denganmu dan kamu akan mengerti bahwa pada akhirnya bisnis tidak dijalankan oleh mesin tapi oleh hubungan yang sudah terjalin. Hal ini tidak bisa diprogram tapi diperoleh.

2. Keyakinan. Apakah kamu benar-benar percaya dengan apa yang kamu lakukan? Apakah kamu memiliki keyakinan yang kuat? Keyakinan adalah sifat yang harus dimiliki seorang salesman karena itu akan memberikanmu kekuatan untuk mengatasi penolakan yang datang padamu. Saat menjalankan bisnis pasti akan ada kekecewaan dan kemunduran. Dan ada juga saat dimana semuanya berjalan dengan tidak benar, yang mana terlihat seperti kekacauan besar yang sulit diperbaiki lagi.

Karena itulah memiliki keyakinan atas usahamu sangatlah penting, dengan begitu orang lain tidak akan dengan mudah membuatmu menyerah dan merasa kalah. Keyakinan adalah modal utama untuk bisa bertahan dalam masa terburuk dalam bisnis penjualanmu.

3. Karisma. Memiliki karisma itu berarti memiliki kepribadian yang menarik orang lain padamu, membuat mereka suka padamu dan bahkan membuat mereka mengikutimu. Pada kenyataannya tidak semua orang memiliki faktor ini. Mungkin kamu tidak memiliki karisma spesial atau daya tarik yang membuat seseorang menjadi karismatik, namun kamu tetap bisa bersinar dengan mempromosikan niat baik dan kerjasama yang positif dengan kolegamu.

Intinya, jadilah seseorang yang disukai, karena orang akan hanya mau bekerja dengan seseorang yang mereka sukai. Bila mereka suka padamu, mereka akan dengan senang hati melakukan yang terbaik untuk pekerjaannya.

Ada satu hal lagi yang harus kamu ingat bila ingin menguasai seni penjualan. Ingatlah bahwa dalam menjual, kamu tidak pernah menjual objek atau sesuatu yang nyata karena pada akhirnya yang kamu jual adalah kesempatan. Kepercayaan diri, keyakinan dan karisma akan membuatmu bisa mengambil kesempatan itu dan membuatnya menjadi sebuah seni untuk menjual.


Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *