Search in posts
Search in pages
Search in groups
Search in users
Search in forums
Filter by Categories
Announcements
Community
Entrepreneur
Internet
Motivation
Opportunity
People
Tips and Tricks
5 Bisnis yang Paling Cocok untuk Mahasiswa
15/01/2014
0

Mahasiswa masa kini dituntut untuk menjadi kreatif. Berprestasi di bidang akademis saja tidaklah cukup. Diperlukan soft skill dan pengalaman untuk mematangkan diri sebelum memasuki dunia pasca kampus. Salah satu latihan untuk memperoleh pengalaman dan soft skill tersebut, mahasiswa bisa menjalankan bisnis. Asalkan, bisnis dan akademis bisa berjalan seiringan dan tidak mendominasi satu dengan lainnya.

Selain meningkatkan soft skill dan menambah pengalaman, berbisnis juga membantu mahasiswa menambah uang sakunya. Bagi yang sudah diberi orang tuanya dengan besaran yang cukup, maka akan semakin berkecukupan. Sedangkan bagi mahasiswa yang kurang mampu secara finansial, berbisnis bisa menjadi sebuah solusi untuk memperoleh uang.

Oleh karena itu, bisnis bisa menjadi penopang finansial mahasiswa sekaligus aktivitas pengembangan diri. Ini dia, lima buah bisnis yang bisa dijalankan oleh mahasiswa karena tidak menyita banyak waktu, yaitu mengajar les privat, membuat online shop, menjadi makelar, berbisnis makanan, dan berbisnis alat kuliah.

1.    Mengajar les privat

Menjadi tutor atau pengajar les privat memberikan fleksibilitas dalam menentukan waktu kerja. Mahasiswa sebagai tutor les privat bisa membuat kesepakatan dengan murid les untuk mengadakan sesi di waktu tertentu yang tidak berbenturan dengan jadwal kuliah. Menjadi tutor les privat bisa secara pribadi maupun melalui perantara.

 2.    Online shop

Bisnis online shop bisa dilakukan di sela-sela kesibukan, kapan saja dan di mana saja. Membuat online shop tidak perlu modal banyak, hitung-hitung memaksimalkan fungsi gadget juga. Banyak pilihan produk yang bisa dijual di online shop, misalnya pakaian, aksesoris perempuan, jasa desain, parfum, dan sepatu.

 3.    Makelar

Memperoleh keuntungan tanpa modal, bisa dilakukan dengan menjadi makelar. Mahasiswa dapat menjadi perantara bisnis orang lain, misalnya makelar real estate, apartemen, atau yang lebih sederhana seperti makelar penyewaan kos-kosan, penjualan mobil, dan penjualan gadget.

 4.    Bisnis makanan

Seringkali mahasiswa tidak sempat sarapan sebelum berangkat ke kampus. Ini menjadi peluang bisnis bagi yang pandai memanfaatkan kesempatan secara positif dengan menjadi penjual makanan di kampus. Di kampus-kampus besar, berjualan makanan sebanya beberapa kotak kue bisa habis dalam hitungan jam, bahkan menit. Mahasiswa bisa menjajakan kue, nasi bungkus, gorengan, maupun makanan lainnya yang praktis dibawa.

 5.    Bisnis alat kuliah

Keperluan alat kuliah mahasiswa cukup mahal. Terkadang, mahalnya alat kuliah mahasiswa bukan disebabkan oleh biaya produksi yang tinggi, melainkan karena jarang penjual yang menyediakan alat kuliah mahasiswa. Misalnya, penggaris gambar dan tabung gambar yang sering digunakan oleh mahasiswa teknik. Oleh karena belum banyak pesaing, mahasiswa bisa menjadikan ini sebagai peluang bisnis dengan keuntungan yang besar. Misalnya, bila di toko grosir alat kuliah seorang mahasiswa membeli penggaris seharga rata-rata Rp 70,000 per buah, dia dapat menjual Rp 100,000 per buah. Harga tersebut masih lebih murah daripada harga jual di toko buku besar. Bila satu angkatan di sebuah jurusan terdiri dari 100 orang, maka keuntungan yang diraup mencapai Rp 3 juta!

Nah, sekarang Anda sebagai mahasiswa bisa memilih mana di antara bisnis-bisnis tersebut yang pas di hati.


Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *