Exact matches only
Search in title
Search in content
Search in comments
Search in excerpt
Search in posts
Search in pages
Search in groups
Search in users
Search in forums
Filter by Categories
Announcements
Community
Entrepreneur
Internet
Motivation
Opportunity
People
Tips and Tricks
5 Kebiasaan Yang Berdampak Buruk Pada Bisnismu
March 19, 2014
0
Bad Habits in Business

Apakah kamu selalu meminum kopi yang sama tiap pagi atau duduk di kursi yang sama di meeting? Kebiasaan seperti ini memang tidak berbahaya namun ada banyak kebiasaan lain yang tanpa disadari berdampak buruk pada produktivitas bisnismu.

Kebiasaanmu sehari-hari terbentuk dari pengulangan dan frekuensi keseringan. Kebiasaan itu membentuk dirimu dan masalahnya banyak orang terus mengulang kebiasaaan buruk yang menghalangi mereka untuk meraih sukses. Berikut adalah 5 kebiasaan buruk bagi bisnismu yang harus dihentikan:

1. Gagal mendelegasi. Kenyataannya kamu tidak bisa melakukan semuanya sendiri dalam berbisnis. Tentu kamu bisa ngotot bekerja selama 80 jam per minggu tapi kemungkinan besar kamu tidak akan bertahan dengan tempo kerja seperti itu. Karena itu carilah orang terbaik yang bisa kamu pekerjakan, delegasikanlah tugas yang cocok dengan keahlian mereka dan percayalah mereka akan melakukan pekerjaan itu dengan benar. Dengan begitu kamu bisa fokus pada pekerjaanmu sendiri dan perusahaanmu akan berjalan lebih lancar.

2. Menghambat proses pengambilan keputusan. Sebagai seorang pengusaha tentu kamu suka untuk mempunyai kontrol, namun bila semua keputusan harus diambil melalui dirimu itu jelas akan menghambat proses bisnismu, selain itu pekerja dan pelangganmu pun akan merasa frustasi. Pekerjakanlah orang yang tepat dan pastikan mereka semua tahu garis besar dan tujuan bisnismu sehingga bisnismu bisa berkembang tanpa perlu micro-management darimu.

3. Bersikap reaktif dibandingkan proaktif. Memiliki visi masa depan adalah kunci kesuksesan bisnismu, sayangnya banyak wirausaha yang tidak memiliki rencana ke depan. Bila kamu sudah memiliki tujuan, kamu bisa menciptakan kebiasaan yang akan memperkuat tujuan tersebut dan membawamu ke jalan untuk mencapainya.

4. Melakukan aktivitas yang tidak produktif. Mengecek email berkali-kali dan menghabiskan waktu bermain Facebook adalah contoh kegiatan yang menyita waktu dan tidak produktif. Ciptakanlah kebiasaan untuk fokus pada satu pekerjaan dan berhenti multitasking dengan kegiatan yang kurang produktif. Berhenti mengecek email berkali-kali tiap harinya dan hindari akun media sosial sebisa mungkin bila kamu sedang mengerjakan hal yang penting.

5. Rasa takut. Rasa takut adalah musuh terbesar semua orang untuk maju dan berkembang. Takut pada kegagalan, membuat keputusan dan menyinggung orang lain bisa mengurangi produktifitas bisnismu. Terlalu memfokuskan diri pada rasa takut akan menyita waktu dalam pengambilan keputusan dan pada akhirnya akan menghambat bisnismu untuk mencapai tujuan.

Bila kamu mengenali kebiasaan-kebiasaan di atas dalam bisnismu, kamu harus melakukan sesuatu untuk mengubahnya. Mulailah mengevaluasi situasimu dan tulis catatan tentang kebiasaan-kebiasaan yang ingin kamu hilangkan, lalu buatlah tujuan jangka pendek ataupun panjang yang akan membantumu untuk mengubah kebiasan negatif tersebut menjadi positif. Jangan lupa untuk meninjau tujuan tersebut tiap minggunya supaya kamu yakin bisa mencapainya.


Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *