Exact matches only
Search in title
Search in content
Search in comments
Search in excerpt
Search in posts
Search in pages
Search in groups
Search in users
Search in forums
Filter by Categories
Announcements
Community
Entrepreneur
Internet
Motivation
Opportunity
People
Tips and Tricks
5 Langkah Mudah Menulis Business Plan
April 8, 2014
0
Membuat business plan sangatlah penting bagi setiap pengusaha, tapi bila ini pertama kali membuatnya tentu kamu akan menemui beberapa kesulitan. Para pemilik bisnis akan beargumen tentang seberapa panjang business plan itu harus dibuat, namun biasanya satu halaman business plan bisa mengcover semua kebutuhan untuk memulai bisnismu.

 

Jangan khawatir, kamu tidak akan bisa salah bila memulai dengan satu halaman business plan dan seiring dengan waktu kamu bisa menambahnya sedikit demi sedikit. Ingatlah bahwa saat ini, business plan yang terburuk adalah sesuatu yang tidak akan kamu tulis, jangan biarkan paralisis analis menghalangimu untuk memulai menulis planmu.
Berikut adalah 5 langkah mudah untuk menulis business plan:

 

1. Mulai dari visimu. Mulailah menulis planmu dengan memikirkan akhirnya. Kamu harus tahu mau dibawa kemana bisnismu sehingga arah business planmu bisa dikomunikasikan dengan jelas di plannya. Apakah kamu mau mengembangkan bisnismu untuk menjual? Apa bisnismu ini akan menjadi sebuah peninggalan yang akan bertahan lama? Apa visi besar yang akan menjadi tujuan akhirmu? Sangatlah penting untuk memulai dengan visi akhir bisnismu, dengan begitu semuanya bisa diringkas dengan baik di proposal yang kamu buat.

2. Buat pernyataan tentang misimu. Setelah kamu tahu visimu, sekarang kamu perlu untuk mendiskripsikan apa yang akan kamu lakukan untuk mencapai visi itu dengan singkat dan jelas. Pernyataan ini akan perlu dipajang di tempat di mana kamu dan stafmu bisa melihatnya setiap hari untuk mengingatkan mengapa kamu melakukan pekerjaanmu setiap harinya.

3. Buat list untuk tujuanmu. Pikirkan tujuanmu dan apa yang ingin kamu capai dengan format bullet point. Contohnya, “mendominasi setidaknya 10% dari market niche pada tahun 2016,” atau tujuan HR seperti “pekerjakan full time graphic designer sebelum akhir tahun.” Itu adalah contoh tujuan besar yang ingin kamu capai dengan kurun waktu yang sudah ditetapkan.

4. Bentuk strategimu. Strategimu mendeskripsikan bagaimana rencanamu untuk mencapai tujuan. Apa marketing planmu? Strategi Sales? Apakah kamu akan mendedikasikan waktumu untuk research dan development? Apa strategimu untuk mencapai obyektifmu?

5. Membuat action plan. Kamu sudah memiliki obyektif dan memutuskan strategimu, sekarang apa langkahmu untuk memastikan bisnismu bisa mencapai tujuan yang sudah ditetapkan dan mewujudkan visimu? Ini harus berbentuk tindakan jangka pendek yang bisa dimulai lakukan sekarang untuk mencapai tujuan akhirmu.

Menulis business plan tentu cukup menantang terutama untuk pemula. Tapi ingatlah plan ini tidak perlu ditulis dengan rumit. Buatlah prosesnya menjadi simple dan mulailah dari hari ini dengan mengikuti lima langkah di atas untuk menulis business plan bisnis yang sedang ingin kamu jalankan.


Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *