Exact matches only
Search in title
Search in content
Search in comments
Search in excerpt
Search in posts
Search in pages
Search in groups
Search in users
Search in forums
Filter by Categories
Announcements
Community
Entrepreneur
Internet
Motivation
Opportunity
People
Tips and Tricks
5 Tipe Orang yang Dibutuhkan Usaha Startup
May 2, 2014
1

Tidak ada resep ajaib untuk menjamin kesuksesan sebuah startup, namun kurang lebih kesuksesan tersebut tergantung dari tim yang kamu bentuk. Dengan tim yang solid, kesuksesan tentunya akan lebih mudah diraih. Karena itu sangatlah penting memilih orang-orang dengan kapasitas dan talenta yang saling melengkapi. Bila setiap orang dalam tim mengerti peran dan tanggung jawabnya masing-masing, mereka akan bisa bekerja lebih baik dan efektif. Kerjasama dan komunikasi pun bisa terjaga dengan baik untuk menghindari kesalahpahaman dan perselisihan.

Berikut ini adalah 5 tipe orang yang dibutuhkan oleh sebuah tim startup:

1. Technical Genius. Bila kamu ingin memulai usaha startup yang berhubungan dengan teknologi, tipe inilah yang sangat kamu butuhkan. Carilah orang yang memiliki pengetahuan teknikal yang kuat supaya dia bisa memimpin dan mengkoordinasi segala agenda teknikal dalam tim. Orang ini juga harus bisa menjadi inovator yang akan menciptakan produk-produk baru untuk diluncurkan ke pasar.

2. The Leader. Orang dengan jiwa kepemimpinan akan memegang peran penting dalam sebuah tim dan orang ini harus menjadi figur yang dihormati dan dihargai anggota lain dalam tim. Di dalam sebuah usaha startup akan sulit bila semua orang memiliki suara yang sama, karena itulah seorang pemimpin dibutuhkan untuk membuat keputusan-keputusan penting dan memotivasi timnya. Orang ini jugalah yang akan merepresentasikan bisnismu dalam meeting-meeting penting atau public event untuk meningkatkan profile perusahaanmu. Carilah orang dengan karisma dan kepribadian yang kuat untuk posisi ini.

3. Industry Veteran. Orang yang memiliki pengalaman dalam industri bidang usahamu bergelut sangatlah dibutuhkan karena mereka memiliki banyak pengalaman dan pengetahuan tentang seluk beluk industri tersebut. Koneksi mereka juga akan dibutukan untuk mengembangkan jaringan bisnismu. Bila usaha startup-mu terdiri dari anak-anak muda yang minim pengalaman, kamu harus memiliki satu orang dengan tipe seperti ini untuk menambah kredibilitas usahamu.

4. Salesman. Orang ini adalah orang yang akan menjual produkmu kepada customer, dia harus tahu bagaimana cara mempromosikan nilai dan kelebihan produkmu pada mereka. Karena saat kita berusaha menjual sesuatu, kita bukan menjual teknologi itu sendiri tapi lebih tentang manfaat apa yang bisa kita berikan pada customer. Salesman yang baik akan mengerti cara menjual produkmu dengan efektif, dia akan menjadi orang di garis depan yang memperkenalkan produkmu kepada masyarakat.

5. Financial Manager. Jika produkmu belum diluncurkan ke pasaran tentu kamu harus memonitor semua pengeluaranmu. Karena itulah kamu membutuhkan seseorang yang bisa mengelola keuangan usahamu, orang ini harus memiliki kemampuan accounting yang baik sekaligus good sense of money management. Bila timmu masih kecil, kamu bisa mendelegasi posisi ini pada orang yang memiliki pengalaman menangani masalah keuangan.


  1. Thanks buat tipsnya ya. Sangat membantu.

    [URL=”http://yafurniture.com/”]furniture kantor [/URL]
    [URL=”http://yafurniture.com/”]meja kantor [/URL]
    [URL=”http://yafurniture.com/”]kursi kantor [/URL]
    [URL=”http://yafurniture.com/”]lemari kantor[/URL]
    [URL=”http://yafurniture.com/”]filing cabinet [/URL]
    [URL=”http://centerpiece.id/project/sewa-gudang-tangerang/”>gudang karawaci[/URL]
    [URL=”http://centerpiece.id/project/sewa-gudang-tangerang/”>sewa gudang karawaci[/URL]
    [URL=”http://centerpiece.id/project/sewa-gudang-tangerang/”>sewa gudang tangerang[/URL]

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *