Search in posts
Search in pages
Search in groups
Search in users
Search in forums
Filter by Categories
Announcements
Community
Entrepreneur
Internet
Motivation
Opportunity
People
Tips and Tricks
5 Tips Menjalankan Bisnis Freelance
Freelance Business

Menurut pendapat kebanyakan orang, wirausaha adalah mereka yang mendirikan sebuah perusahaan startuppemilik bisnis veteran atau orang yang menjalankan sebuah usaha franchise. Padahal sebenarnya istilah tersebut bisa mengacu pada banyak profesi lainnya, salah satunya adalah profesi freelancer. Ya benar, seorang freelancer bisa membangun usahanya sendiri karena pada dasarnya mereka berwirausaha dengan mempromosikan jasa mereka pada orang lain.

Sudah banyak para wirausaha yang mendulang sukses sebagai freelancer dengan menyediakan berbagai macam jasa mulai dari jasa design, programming sampai menulis. Tapi tentu saja untuk membangun sebuah karir freelance yang sukses, talenta dan keburuntungan saja tidak cukup. Kamu harus mempunyai akses untuk mendapatkan klien secara online dan portfolio yang menonjol untuk menarik perhatian calon klienmu.

Tertarik untuk menjalankan bisnis freelance? Berikut adalah 5 cara yang bisa membantumu untuk menjadi sukses:

1. Promosikan Dirimu. Kamu mungkin memiliki talenta yang luar biasa di bidang design atau menulis, namun tanpa strategi marketing untuk mempromosikan dirimu, tidak akan ada yang tahu apa yang bisa kamu lakukan untuk calon klienmu. Semua freelancer harus memiliki online presence yang kuat, mulai dari akun Social Media yang bisa diakses public (Facebook, Twitter, LinkedIn), personal website sampai digital portfolio. Memiliki personal brand yang terdefinisi dengan baik akan meningkatkan profesionalitasmu di mata klien.

2. Tentukan jadwal, tujuan dan ekspektasimu. Sangatlah penting bagi seorang freelancer untuk menentukan deadline dan ekspektasi terhadap klien. Kamu harus bisa menentukan seperti apa produk finalnya, kapan produk itu akan selesai dan bagaimana cara menyelesaikannya. Dengan jadwal, tujuan dan rencana yang jelas freelancer tidak akan kehilangan arah dan klien sendiri bisa tahu apa yang akan mereka dapatkan darimu.

3. Mencatat dan menyimpan semua ide. Akan ada saat dimana kamu harus bekerja dalam beberapa project dengan tahap proses penyelesaian yang berbeda. Karena itu ada baiknya kamu mencatat semua ide dan inspirasi yang berhubungan dengan tiap project yang sedang kamu kerjakan.

4. Berkomunikasi dengan efektif. Komunikasi yang efektif akan membangun sebuah fondasi kuat untuk bisnismu. Hal ini bahkan lebih penting lagi bagi seorang freelancer. Mungkin kamu tidak akan bertemu klienmu secara langsung namun dengan komunikasi yang baik, itu akan sangat membantu untuk mengeliminasi jarak fisik antara dirimu dan klien. Pastikan klienmu bisa menghubungimu lewat email, telepon atau video-chat. Jangan lupa gunakan juga sharing apps, karena itu akan sangat membantu untuk menjelaskan kepada klien tentang project yang rumit dan detail.

5. Follow up, bangun jaringan dan kembangkan bisnis freelancemu. Kamu sudah menyelesaikan sebuah project dan mengirim tagihanmu pada klien. Kelihatannya hubunganmu sudah berakhir dengan klien tersebut bukan? Kenyataannya tidaklah begitu. Setelah projectmu selesai, segera hubungi klienmu itu untuk meminta feedback. Kalau feedbacknya positif minta dia untuk merekomendasikan pekerjaanmu pada orang lain. Contohnya mempromosikanmu di LinkedIn atau memberikan testimonial singkat pada website atau portfoliomu.


  1. Yang paling penting itu promote yourself and commitment. Kalau di Indonesia, website khusus freelance gitu ada ga ya?

    • Benar bgt, promoting yourself itu sangat penting bagi freelancer dan jangan lupa upload portfolio yang kamu punya untuk menunjukkan kredibilitasmu 🙂 Di Indonesia ada freelancer.co.id

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *