Exact matches only
Search in title
Search in content
Search in comments
Search in excerpt
Search in posts
Search in pages
Search in groups
Search in users
Search in forums
Filter by Categories
Announcements
Community
Entrepreneur
Internet
Motivation
Opportunity
People
Tips and Tricks
5 Usaha Inovatif Karya Anak Indonesia
May 18, 2016
4

1. Yellow Trux

Yellow Trux adalah sebuah destinasi kuliner unik yang berlokasi di Bogor. Banyak anak muda yang menghabiskan waktunya untuk berkumpul bersama teman-temannya sekedar untuk nongkrong sambil menyantap makanan ringan. Menurut pemiliknya, Febrian Juanda, gagasan awal dari membuka usaha ini adalah belum adanya destinasi kuliner yang menggunakan container sebagai bahan bangunannya. Kemudian muncullah ide untuk membuat tempat kuliner berbentuk container pertama di Bogor.

Menurut Febri, untuk membangun bisnis diperlukan kepekaan terhadap 2 hal. Yang pertama, sesuatu yang belum pernah ada sebelumnya dan yang kedua, harus yang terbaik.

Inovasi yang dilakukan Febri selain dari segi bahan bangunan adalah dari segi packaging dengan pemahaman terhadap karakter sasaran pasar yang dimilikinya (15-27 tahun). Usia tersebut adalah usia di mana anak-anak muda sedang mencari jati dirinya (identity seeker) dan juga mencari perhatian (attention seeker). Dengan pengetahuan tersebut, dibuatlah inovasi dalam harga yang murah dengan kualitas baik, serta pengalaman dalam menyantap makanan unik di mana makanan yang dijual diletakkan dalam panci.

2. Kacamata+

Kacamata+ adalah sebuah online shop yang menjual kacamata untuk memenuhi kebutuhan fashion pelanggannya. Dengan tagline Easy, Express, Economical, Kacamata+ menawarkan jasa pembuatan kacamata yang mudah melalui online dilengkapi dengan berbagai contoh kacamata yang disediakan. Hal ini berarti memudahkan pelanggannya dalam memesan kacamata. Dibandingkan harus mengunjungi toko kacamata konvensional yang memerlukan transportasi serta mengabiskan waktu di jalan, pelanggan dapat dengan mudah duduk di depan komputer dan memilih kacamata yang diinginkan melalui website kacamataplus.com. Harga yang ditawarkan pun juga terjangkau.

Pelayanan yang disediakan tidak sekedar pemesanan kacamata secara online, namun juga pemeriksaan mata mobile oleh tim yang kompeten dan peralatan canggih dari Jepang. Pelayanan Home Try On juga memungkinkan pelanggannya memilih 5 frame yang disukai dan mencobanya di rumah sehingga memberikan pengalaman seperti datang langsung ke optik atau toko kacamata.

3. Ngeprint.co.id

Ngeprint.co.id yang berfokus di wilayah Jabodetabek ini adalah sebuah perusahaan print online yang mempunyai misi untuk menjadi perusahaan print online yang siap memenuhi dan menjawab semua kebutuhan cetak para pelanggan mereka.

Ngeprint.co.id melakukan sebuah terobosan di mana kegiatan untuk mencetak sesuatu seperti wide format printing, printing, dan stationery tidak harus dengan mendatangi tempat print konvensional. Pelanggan tidak harus berpergian dan menghabiskan waktu di jalan, terutama di kota besar seperti Jakarta yang sering sekali dilanda kemacetan.

Dengan melakukan proses printing secara online, pelanggan juga tidak harus menunggu tetapi tetap mendapatkan hasil yang sesuai dengan yang mereka harapkan. Proses pengerjaan yang berkualitas dengan waktu yang relatif lebih cepat menjadi keunggulan dari ngeprint.co.id ini.

4. E-Fishery

E-Fishery adalah inovasi dalam memberi pakan ikan secara otomatis dengan alat. Alat pemberi pakan ini dapat dikontrol dari jarak jauh serta dilengkapi sensor untuk melihat nafsu makan ikan sehingga dapat dengan efektif mengontrol jumlah pakan ikan. Selain menghasilkan keuntungan, inovasi ini pun mendapatkan penghargaan “Spark the Fire Champion”, yaitu sebuah penghargaan yang diberikan pada Pertemuan Wirausaha Dunia ke-6 di Nairobi, Kenya.

Penemunya e-fishery, Gibran Huzaifah, mengatakan bahwa wirausaha Indonesia perlu berpikir global agar bisa bersaing di kancah Internasinal. “Untuk maju, anak muda Indonesia harus berani menemukan inovasi baru dan membuat penyelesaian masalah yang riil di masyarakat”, tambahnya.

Walaupun teknologi e-fishery ini baru diproduksi pada Februari 2014, namun permintaannya sangat tinggi dan diminati petani budi daya ikan di Tanah Air.

5. Traveloka

Di era serba digital dan praktis ini, siapa yang tidak tahu tentang Traveloka? Traveloka ternyata dilatar belakangi oleh Ferry Unardi, sang pemilik Traveloka, yang memiliki passion dalam dunia IT dan melanjutkan kuliah Ilmu Komputer di Purdue University. Ia menemukan kesulitan untuk urusan penerbangan ke kampus, kantor, dan kampung halaman di Indonesia. Kesulitan inilah yang mendorong Ferry mencari solusi yang akhirnya membuahkan lahirnya Traveloka.

Traveloka adalah situs pencarian dan pembanding harga tiket pesawat. Dengan adanya Traveloka, pemesanan tiket pesawat dan booking hotel dapat dilakukan dengan mandiri, lebih mudah, cepat dan juga praktis. Hanya dalam waktu 3 tahun sejak didirikan, Traveloka telah menjadi agen travel online terbesar di Indonesia. (ad)


  1. Keren! Ngeprint.co.id masuk dalam daftar list bisnis inovatif karya anak Indonesia.

  2. Jangan lupa juga salah satu usaha inovatif karya anak bangsa yafurniture.com. Boleh dilihat juga koleksi filing cabinet atau lemari arsip murahnya.

  3. sangat bagus sekali untuk membangun usaha yang baru di mulai,jadi mengerti apa yang harus dilakukan seperti Share Website Vimax Asli

  4. Salah satu usaha inovatif karya anak bangsa ada juga nih tempat bimbingan belajar yang dimana di tempat ini juga mengajarkan anak-anak bangsa lainnya dalam memahami apa itu IB, A Level, dan yang lain sebagainya 😀

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *