Search in posts
Search in pages
Search in groups
Search in users
Search in forums
Filter by Categories
Announcements
Community
Entrepreneur
Internet
Motivation
Opportunity
People
Tips and Tricks
6 Langkah Untuk Meraih Sukses Sebagai Wirausaha Muda
Steps to be Successful Entrepreneur

Generasi muda zaman sekarang identik dengan rentang perhatian yang singkat, tidak sabaran dan suka mengambil resiko. Banyak yang berpendapat bahwa kualitas tersebut adalah kualitas yang memiliki dampak buruk bagi seseorang dan lingkungannya. Padahal pada kenyataannya, kualitas-kualitas tersebut tidaklah selalu buruk terutama bila kamu berencana untuk menjadi seorang wirausaha muda.

Apa yang disebut orang sebagai kelemahan sebenarnya bisa menjadi sebuah kelebihan bila dikembangkan dengan benar. Kuncinya adalah menemukan keseimbangan antara antusiasme anak muda dan nilai tradisional yang bisa digunakan sebagai tulang punggung sebuah bisnis. Berikut adalah 7 cara untuk mendapatkan keseimbangan tersebut:

1. Stay energetic. Memulai sebuah bisnis perlu energi dan antusiasme yang tanpa batas. Kamu harus bersemangat mengenai produk atau jasa yang kamu jual, karena bila kamu sendiri tidak bagaimana orang lain bisa? Selain itu antusiasmemu akan menular ke orang lain. Semangatmu akan membantu untuk mendapatkan lead bisnis dan membangun tim yang energik dan berkomitmen.

2. Jadilah tidak sabaran. Terkadang orang yang berkata padamu untuk lebih bersabar akan mengingatkanmu pada pepatah siapa cepat dia yang dapat. Pada kenyataannya kamu harus bergerak cepat untuk mengambil semua kesempatan yang ada. Dan saat problem-problem bermunculan, jangan duduk menunggu berharap itu selesai dengan sendirinya. Bertindaklah untuk memperbaikinya dengan cepat supaya tidak menimbulkan efek yang berkepanjangan. Bekerja dengan efisien dan cepat akan meningkatkan produktifitas bisnismu.

3. Ambil Resiko. Meluncurkan bisnis yang sukses akan selalu penuh resiko. Untungnya saat kamu masih muda seperti sekarang, kehilangan yang kamu rasakan akan lebih sedikit. Bila kamu mempunyai ide yang bagus, cobalah jalankan. Setidaknya bila bisnis itu gagal, kamu akan belajar sesuatu karena ini adalah saat yang tepat untuk menjadi berani.

4. Menggunakan Media Sosial. Untuk memperluas jaringanmu, media sosial adalah medium yang wajib kamu gunakan. Selain itu media sosial juga bisa digunakan untuk meningkatkan product awareness sekaligus membangun brandmu. Bila pemilik bisnis yang lebih tua masih kesulitan untuk menggunakan protokol sosial, kamu sudah menguasai dengan baik dan selangkah lebih maju dari mereka.

5. Mencari bantuan dan saran. Wirausaha yang pintar tahu bagaimana dan kapan untuk mencari bantuan. Bicaralah pada pemilik bisnis yang kamu kagumi, baca buku tentang inovator sukses dan carilah mentor yang bisa membimbingmu. Semua ini harus dilakukan untuk mengembangkan naluri bisnismu.

6. Pekerjakan pegawai yang berpengalaman. Pertimbangkanlah untuk mempekerjakan orang yang lebih tua darimu karena pada dasarnya kamu harus memiliki tim dengan kombinasi jiwa muda enegrik dan profesional yang sudah memiliki pengalaman. Contohnya Mark Zuckerberg yang mempekerjakan Sheryl Sandberg, seorang profesional dengan pengalaman 15 tahun lebih darinya. Keduanya memberikan kontribusi yang berbeda pada perusahaan dan melengkapi satu sama lain.


Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *