Search in posts
Search in pages
Search in groups
Search in users
Search in forums
Filter by Categories
Announcements
Community
Entrepreneur
Internet
Motivation
Opportunity
People
Tips and Tricks
6 Tips Menjadi Pemimpin Yang Baik
Be a Good Leader

Bila kamu ingin menjadi wirausaha yang sukses, pertama-tama kamu perlu menjadi pemimpin yang sukses dulu. Karena bagaimanapun juga, memotivasi dan menginspirasi timmu untuk datang setiap hari dan melakukan pekerjaan terbaik mereka adalah aspek terpenting dalam menjadi seorang pemimpin. Tanpa tim yang mau bekerja keras dan melakukan yang terbaik, hasil optimal pun tidak bisa diraih sehingga perusahaanmu tidak akan pernah maju ataupun meraih keuntungan.

Ada pepatah yang bilang kalau “Leaders are born, not made” (Pemimpin itu dilahirkan bukan dibentuk). Namun pada kenyataannya kepemimpinan adalah kualitas yang bisa dipelajari dan terus diperkuat dengan banyaknya pengalaman yang dimiliki seseorang. Selain itu banyak pemilik bisnis yang sukses belajar menjadi pemimpin dengan merespon lingkungan sekitar, mengevaluasi kelebihan dan kelemahan mereka dan yang paling terpenting mau belajar dari kesalahan mereka.

Berikut adalah 6 Tips untuk memperkuat skill kepemimpinanmu:

1. Jangan takut untuk gagal. Kegagalan itu biasa dalam berbisnis, tanpa kegagalan itu berarti kamu belum pernah mengambil resiko dalam bisnis. Dengan kegagalan kamu bisa belajar untuk bangkit kembali dan mengevaluasi ulang rencana bisnis yang sudah dibuat. Kegagalan juga akan menerpa mentalmu sehingga kamu bisa menjadi individu yang lebih kuat dan tidak kenal kata menyerah.

2. Jangan puas dengan solusi standar. Jika ingin menciptakan produk atau jasa yang unggul, kamu harus berpikir out of the box dan jauh ke depan. Pikirkanlah sesuatu yang original dan tidak biasa seperti yang dilakukan Steve Jobs dengan produk Apple. Jadilah independent thinker dengan menghasilkan ide-ide baru yang sebelumnya tidak terpikirkan oleh orang lain.

3. Fokus pada hasil bukan gaya. Menurut penelitian, hal terpenting yang bisa dilakukan seorang pemimpin adalah memotivasi para pekerjanya. Menanamkan kepercayaan diri dan memberikan inspirasi kepada timmu akan menciptakan antusiasme pada pekerjaan dan loyalitas terhadap perusahaan. Dengan kedua faktor tersebut produktivitas akan meningkat dan tercermin dari hasil yang diperoleh.

4. Terus mengimprovisasi diri. Jangan pernah puas dengan dirimu, teruslah belajar untuk menjadi pemimpin yang lebih baik. Faktanya memang ada beberapa orang yang memiliki bakat kepemimpinan alami, namun bakat alami saja tidak akan cukup. Semua kemampuan seorang individu harus selalu ditingkatkan dengan kedisplinan dan praktek dalam keseharian mereka di lingkungan kerja.

5. Belajar bersikap menjadi introvert dan ekstrovert. Dunia bisnis tidak pernah ramah kepada para introvert. Namun pada kenyataannya 4 dari 10 top eksekutif dunia, termasuk Larry Page, co-founder sekaligus CEO Google adalah seorang introvert. Berdasarkan penelitian, introvert bisa menciptakan lingkungan tim yang lebih kondusif dibandingkan rekan-rekan ekstrovert mereka. Namun perlu dicatat bahwa introvert yang paling sukses adalah mereka yang sudah menguasai cara bersikap sebagai ekstrovert. Karena itulah penting untuk belajar menjadi keduanya sehingga kamu bisa tahu bagaimana cara berpikir dan bersikap di tiap situasi bisnis yang berbeda.

6. Bersikap dermawan dan murah hati.  Dengan bersikap dermawan dan murah hati kepada para pekerjamu, tingkat kebahagiaan dan loyalitas mereka pun akan meningkat. Dengan penghargaan yang setimpal, mereka akan merasa pekerjaan mereka berarti sehingga mereka bisa mendapatkan kepuasan dari pekerjaan tersebut. Produktivitas kerja mereka pun akan meningkat dan hal ini bisa menginspirasi inovasi baru yang berguna untuk kemajuan bisnis yang kamu pimpin.


Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *