Search in posts
Search in pages
Search in groups
Search in users
Search in forums
Filter by Categories
Announcements
Community
Entrepreneur
Internet
Motivation
Opportunity
People
Tips and Tricks
7 Tips Mengembangkan Personal Branding
Personal Branding

Personal branding adalah cara membangun reputasi dan image pribadimu di mata orang lain, hal ini dilakukan sebagai strategi untuk mempromosikan keahlian dan pekerjaanmu. Bagaimana cara kamu berpakaian, bersikap dan bekerja adalah faktor-faktor yang membentuk personal branding. Membentuk dan mengelola brandmu sendiri tidaklah sulit, namun banyak orang yang menganggap remeh hal ini dan ini akan menjadi salah satu hambatan besar untuk kemajuan karir atau bisnis mereka.

Kamu perlu tahu bahwa bagaimana kamu mempresentasikan dirimu pada orang lain dan caramu meningkatkan modal pribadi sangatlah penting untuk kesuksesanmu, begitu juga dengan kemampuanmu untuk mendapatkan pengalaman yang tepat. Semua faktor tersebut akan sangat berpengaruh untuk kemajuan karirmu. Tanpa personal brand yang kuat, kamu tidak akan bisa menonjol dari orang kebanyakan dan keahlianmu tidak akan mendapat pengakuan dari siapa-siapa.

Berikut ini adalah 7 cara untuk mengembangkan personal branding:

1. Jadilah dirimu sendiri. Jangan pernah takut untuk menjadi dirimu sendiri karena ini akan sangat membantumu untuk mengetahui di bidang mana kamu bisa menjadi sukses. Jangan meniru apa yang dilakukan orang lain dan jalanilah sesuatu yang lebih sulit dan penuh tantangan. Menjadi dirimu sendiri adalah modal utama untuk membentuk personal brandmu.

2. Berbagilah pengetahuanmu. Jangan ragu untuk berbagi pengetahuanmu pada orang lain. Ini adalah cara yang paling baik untuk meningkatkan imagemu di tempat kerja sehingga mereka bisa mengetahui kemampuan dan talentamu. 

3. Menghargai modal dan keahlianmu. Kita semua memberikan keterampilan, pengetahuan dan keahlian yang berbeda di tiap situasi. Jangan meremehkan pentingnya kemampuan yang kamu miliki walaupun kelihatannya itu hanya bisa dipergunakan di situasi tertentu. Kamu harus menyadari bahwa walaupun keahlian itu tidak kelihatan penting tapi bukan berarti itu tidak bermanfaat bagi orang lain.

4. Menghargai keahlian orang lain. Di dalam team, perbedaan adalah kekuatan. Hargai kemampuan yang dimiliki orang lain, bantu mereka berkontribusi, mengembangkan keahlian mereka dan juga dengarkan pendapat mereka.

5. Kembangkan brandmu. Selalu peka terhadap apa yang bisa kamu lakukan untuk mengembangkan brandmu sendiri. Perhatikan bagaimana orang menilaimu dan kumpulkan masukan tentang bagaimana cara meningkatkan keahlian dan pengetahuanmu.

6. Memotivasi orang lain untuk melakukan hal yang sama. Bila kamu belum sadar, ini semua tidak selalu tentang dirimu. Banyak orang yang sangat dikagumi dan memiliki image yang kuat karena mereka sudah mendukung banyak orang di perjalanan karir mereka. It’s all about give and take.

7. Tahu peraturan dalam permainan. Untuk menjadi sukses, mengelola image dan modal personalmu saja tidak akan cukup. Kamu juga perlu mengetahui bagaimana cara bermain dalam organisasi tempat bekerjamu sekarang. Karena pada kenyataannya, kamu tidak akan menjadi seorang ahli dalam sesuatu dan mendapat pengakuan bila kamu sendiri tidak tahu bagaimana cara beroperasi dengan sukses di organisasimu sendiri.


Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *