Exact matches only
Search in title
Search in content
Search in comments
Search in excerpt
Search in posts
Search in pages
Search in groups
Search in users
Search in forums
Filter by Categories
Announcements
Community
Entrepreneur
Internet
Motivation
Opportunity
People
Tips and Tricks
Berbisnis Kreatif dan Menjadi Creativepreneur
March 9, 2014
1
Menjadi Creativepreneur

Apakah kamu tipe orang yang kreatif dan mempunyai banyak ide orisinil? Kalau begitu kamu cocok untuk menjadi seorang creativepreneur. Istilah creativepreneur menjadi populer karena banyak anak muda yang sudah berhasil membangun bisnisnya sendiri melalui ide-ide kreatifnya seperti menulis blog, menerbitkan buku ataupun membuat film. Contoh tokoh creativepreneur yang sukses di Indonesia adalah Raditya Dika, pastinya dari kamu sudah pernah ada yang membaca bukunya atau menonton serial komedi populernya di YouTube yang berjudul Malam Minggu Miko.

Apa yang dilakukan Raditya Dika sebenarnya sangat sederhana, pada awalnya dia menulis sebuah blog yang menceritakan kehidupan sehari-harinya yang absurd dan penuh kelucuan. Dimulai dari blognya tersebut banyak orang yang mulai menyukai gaya berceritanya sehingga akhirnya blog tersebut dijadikan buku berjudul Kambing Jantan. Sekarang ini Raditya Dika sudah menerbitkan beberapa buku dan bahkan membuat film yang diangkat dari buku-buku tersebut. Hal ini membuktikan bahwa ide kreatif bisa datang dari mana saja, termasuk dari kehidupan sehari-hari kita yang kelihatannya sederhana.

Menjadi creativepreneur adalah sesuatu yang bisa dilakukan semua orang, yang terpenting adalah kamu harus berpikir sekreatif mungkin untuk mengubah ide-idemu menjadi sesuatu yang dinikmati orang banyak. Dengan menjadi creativepreneur kamu bebas melakukan apa saja yang kamu suka dan hebatnya lagi menghasilkan uang dari kegiatan tersebut. Personal branding juga merupakan faktor penting dalam mempromosikan bisnismu. Seperti Raditya Dika, personal brandingnya adalah seorang penulis sekaligus stand up comedian. Keahlian utamanya adalah membuat sebuah kisah sederhana menjadi cerita lucu yang mengundang gelak tawa. Dengan personal branding yang unik, kamu bisa menjual barang atau keahlian apa saja yang kamu miliki.

Pertama-tama kamu harus menemukan minat dan bakat yang bisa kamu kembangkan sebelum terjun ke bidang kreatif. Entah itu melukis, menjahit, menulis atau merakit sesuatu, semuanya itu bisa dikembangkan menjadi sesuatu yang menghasilkan uang. Intinya kamu harus menekuni keahlianmu itu dan mempromosikannya ke masyarakat. Dengan kemajuan teknologi yang pesat, mudah sekali bagi semua orang untuk mempromosikan bisnis kreatifnya. Contohnya dengan membuat blog, berpromosi di Social Media atau membangun website E-Commerce. Hanya dengan bermodal komputer dan internet kamu sudah bisa mulai membangun bisnis kreatifmu dari sekarang.

Tidak ada kata mustahil bagi orang kreatif untuk membangun bisnisnya sendiri. Yang terpenting kamu harus percaya bahwa apa yang kamu ciptakan adalah sesuatu yang bisa diterima masyarakat. Mulailah mencari ide orisinil untuk membangun bisnis kreatifmu, jangan takut untuk mengambil resiko dan teruslah menciptakan sesuatu yang baru. Menjadi creativepreneur adalah profesi yang paling cocok bagi anak muda yang energik dan suka tantangan seperti kamu. Jadi tunggu apalagi? Start creating, be fearless and conquer the world!

Apa kamu sekarang punya ide untuk membangun sebuah bisnis kreatif dan butuh masukan? Silahkan share idemu di comment section!


  1. Dalam expansi sebuah bisnis tentunya anda juga membutuhkan tempat penyimpanan stock-stock anda.Memperkenalkan sewa gudang terbaru di tangerang dengan lokasi strategis bebas banjir dan dekat dengan pintu tol .Fasilitas dilengkapi dengan solar panel, sekuriti, dan insulasi ganda. http://centerpiece.id/ tempat yang tepat untuk penunjang bisnis anda.

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *