Search in posts
Search in pages
Search in groups
Search in users
Search in forums
Filter by Categories
Announcements
Community
Entrepreneur
Internet
Motivation
Opportunity
People
Tips and Tricks
Bisnis Kosmetik? Kenapa Tidak? (Part 2)
23/02/2014
0

Pada tulisan awal tentang kosmetik, kita sudah mengenal potensi-potensi yang bisa didapatkan dari pangsa pasar industri ini. Alasan kecantikan, perawatan, penampilan hingga jumlah penduduk wanita yang lebih banyak dari pria, merupakan faktor-faktor mengapa bisnis ini berpeluang sangat menggiurkan. Perhatikan beberapa perusahaan MLM ternama dunia, rata-rata pasti menjual kosmetik. Padahal awalnya hanya menjual produk nutrisi dan kesehatan. Contohnya adalah Amway dan CNI, dua raksasa perusahaan network marketing yang terbesar di Indonesia. Ini menunjukkan bahwa kosmetik adalah produk yang pasti laris di dunia.

Berikut alasan-alasan lain mengapa Anda perlu menjajal bisnis kosmetik:

Perkembangan Mode

Mode semakin bervariasi dan dinamis dari waktu ke waktu. Penyesuaian mode dengan kosmetik menjadi senjata untuk menciptakan perpaduan apik dalam berpenampilan. Dengan adanya mode yang mengalami perkembangan, maka muncul pula kebutuhan berias yang juga tak kalah berkembang baik dari tata rias wajah, tubuh, maupun rambut.

Irit Tempat

Kendala dalam berbisnis seringkali adalah ketersediaan tempat untuk menampung barang dagangan. Tidak seperti berdagang baju atau makanan, berdagang kosmetik tentunya memerlukan tempat yang jauh lebih sempit sehingga memudahkan pelaku bisnis untuk menyimpan stok barang dalam jumlah banyak atau tidak perlu menyewa lokasi penampungan khusus. Bahkan cukup dengan brosur saja, atau paling tidak memiliki ‘koper’ yang berisi barang dagangan. Kosmetik adalah produk mungil minimalis namun bermarjin besar.

Ketidakcocokan dengan Produk

Tidak semua orang cocok menggunakan produk kosmetik tertentu. Ketidakcocokan dengan sebuah produk biasanya ditunjukkan melalui gejala alergi, jerawat, dan gatal-gatal. Untuk itu, terdapat kesempatan menjadikan mereka konsumen baru dari produk yang dijajakan oleh pebisnis kosmetik. Bila kosmetik berbahan alami, kemungkinan tidak cocok cukup kecil sebab tidak berpotensi menimbulkan efek samping. Ramuan tradisional yang menjadi bahan dasar pembuatan kosmetika ‘herbal’ cenderung aman terhadap kulit dengan jenis apapun.

Mudah Dijual

Dalam berbisnis, memasarkan produk adalah kewajiban karena menjadi inti kegiatan dari keseluruhan rangkaian bisnis. Menjual berarti memanggil omzet untuk datang. Untuk itu, memilih barang dagangan yang sesuai dengan kebutuhan pasar amatlah penting. Pilihlah produk atau jasa yang diperlukan banyak kalangan dan dibutuhkan berkali-kali sehingga memberikan siklus jual beli yang cukup cepat.

Kosmetik merupakan salah satu produk yang memenuhi kriteria tersebut. untuk kebutuhan sehari-hari, kosmetik digunakan untuk perawatan dan penunjang penampilan baik untuk perempuan maupun laki-laki. Sedangkan untuk kesempatan khusus, kosmetik diperlukan untuk menghadiri pesta serta acara-acara lainnya yang perlu menampilkan tatanan wajah, tubuh dan rambut secara total. Kebutuhan akan kosmetik tidak akan pernah habis, sebab kosmetik termasuk produk yang bisa habis.

Kosmetik Tahan Lama

Berjualan produk yang kadaluarsa dalam waktu cukup lama membantu pelaku bisnis untuk mematur alur penyetokan secara lebih efisien. Bila pengadaan produk dilakukan secara grosir, harga produk menjadi lebih murah. Produk yang dibeli dalam jumlah banyak tersebut dapat dijadikan stok tanpa perlu khawatir akan cepat menjadi basi atau kadaluarsa.

Membeli produk dalam jumlah yang banyak sekaligus akan menghemat biaya distribusi. Keuntungan yang diraup bisa bertambah melalui pengaturan pengadaan produk yang efisien. Meski demikian, modalnya juga harus lebih besar dibanding membeli satuan karena distributor mewajibkan pembelian minimum. Cara ini cukup bagus bagi Anda yang sudah memiliki pelanggan tetap. Kalau baru terjun dan masih meraba-raba pasar, membeli sistem grosiran terlalu berspekulasi.

So, selamat mencoba! Sukses untuk bisnis kosmetik Anda!


Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *