Exact matches only
Search in title
Search in content
Search in comments
Search in excerpt
Search in posts
Search in pages
Search in groups
Search in users
Search in forums
Filter by Categories
Announcements
Community
Entrepreneur
Internet
Motivation
Opportunity
People
Tips and Tricks
Tips Meniti Karir di Bidang Desain Interior
November 10, 2017
0

Bertumbuhnya perusahaan jasa desain interior Jakarta memberikan dampak positif terhadap terbukanya lapangan kerja untuk para calon-calon desainer profesional. Kebutuhan akan lulusan sekolah desain, khususnya desain interior pun semakin meningkat. Hal ini disebabkan karena permintaan akan jasa desain interior juga terus bertumbuh setiap tahunnya. Industri properti yang terus menerus mengalami peningkatan dari sisi pasar maupun volume jelas turut memberikan pengaruh positif terhadap konsultan dan kontraktor interior di Indonesia, khususnya di Jakarta. Apalagi lahan-lahan di Jakarta dan kota penyangga di sekitarnya masih cukup luas untuk dibangun residensial dan kawasan bisnis. Serpong, Bekasi, Bogor, Tangerang adalah wilayah-wilayah yang ekonominya terus bergerak dinamis. Tentu saja kebutuhan desain interior juga bertambah dan menjadi peluang baru bagi pelaku usaha di industri ini dan sumber daya manusianya.

Bagaimana para fresh graduate mengambil kesempatan dari pertumbuhan industri ini? Meniti karir di tengah-tengah bergairahnya bisnis memang peluangnya lebih besar. Namun jangan lupa bahwa persaingan pun juga cukup ketat. Maka selagi masih kuliah, sering-seringlah membuat portofolio karya sekalipun dibayar kecil atau bahkan tidak dibayar sama sekali. Apalagi kalau pernah menangani proyek-proyek besar meskipun perannya hanya sedikit. Namun perusahaan-perusahaan jasa desain interior Jakarta akan melihatnya sebagai nilai plus dibandingkan hanya mengandalkan IPK. Dalam industri kreatif seperti desain interior, yang dibutuhkan dan diberi kredit adalah seberapa banyak karya yang sudah dihasilkan, bukan angka-angka hasil ujian yang termaktub dalam transkrip nilai.

Langkah berikutnya adalah membuat blog untuk menunjukkan karya. Di era internet seperti sekarang ini, perusahaan akan memilih para desainer-desainer yang berani memajang karyanya, khususnya karya yang sudah pernah diaplikasikan, di dalam aset digital mereka. Bahkan isinya tidak harus berupa karya saja, melainkan juga artikel-artikel buah pemikiran sendiri tentang dunia desain interior. Aset digital yang dikelola secara serius bisa menjadi investasi masa depan bagi pengembangan karir calon desainer tersebut. Apalagi kalau banyak yang mengundangnya sebagai narasumber untuk berbicara mengenai interior, meski ini biasanya terjadi kalau seorang desainer sudah memiliki jam terbang yang tinggi. Sedangkan mereka yang baru merintis karir, hal ini jarang terjadi walaupun tentu tidak mustahil.

Ketika sudah diterima oleh salah satu perusahaan jasa desain interior Jakarta yang bereputasi, tahapan yang harus dilakukan adalah tentu saja bekerja sebaik-baiknya. Istilah “sebaik-baiknya” bisa berarti selalu mengambil kesempatan ketika ada proyek yang didapat oleh perusahaan ketika karyawan lagi tidak ada yang mau mengambil. Memberikan usaha melebihi apa yang diterima merupakan prinsip orang sukses. Going to extra miles, demikian ungkapan yang sering didengar. Semakin sering mengerjakan proyek dan tepat waktu, maka manajemen perusahaan akan semakin percaya. Dampaknya, bisa cepat dipromosikan.

Memiliki akun media sosial seperti LinkedIn sangat direkomendasikan agar kompetensi seorang desainer interior bisa dilihat oleh jaringan profesional. Sering memposting hasil karya membuatnya semakin bertambah kredit kredibilitas. Dan bahkan akan dicari oleh head hunter-head hunter yang berburu kandidat berpengalaman untuk klien-klien mereka. Dan biasanya mereka bukan lagi mencari melalui CV-CV yang dikirim ke perusahaan mereka, melainkan dari aset digital yang dimiliki oleh desainer interior tersebut.

Testimoni adalah cara lain untuk meningkatkan karir di industri ini. Mintalah klien-klien yang puas terhadap hasil kerja kita untuk memberikan testimoni di akun media sosial atau di blog. Semakin banyak yang memberikan endorsement semakin bagus untuk menambah kredit kompetensi di mata perusahaan-perusahaan desain interior lainnya.

5 Usaha Inovatif Karya Anak Indonesia
Mei 18, 2016
4

1. Yellow Trux

Yellow Trux adalah sebuah destinasi kuliner unik yang berlokasi di Bogor. Banyak anak muda yang menghabiskan waktunya untuk berkumpul bersama teman-temannya sekedar untuk nongkrong sambil menyantap makanan ringan. Menurut pemiliknya, Febrian Juanda, gagasan awal dari membuka usaha ini adalah belum adanya destinasi kuliner yang menggunakan container sebagai bahan bangunannya. Kemudian muncullah ide untuk membuat tempat kuliner berbentuk container pertama di Bogor.

Menurut Febri, untuk membangun bisnis diperlukan kepekaan terhadap 2 hal. Yang pertama, sesuatu yang belum pernah ada sebelumnya dan yang kedua, harus yang terbaik.

Inovasi yang dilakukan Febri selain dari segi bahan bangunan adalah dari segi packaging dengan pemahaman terhadap karakter sasaran pasar yang dimilikinya (15-27 tahun). Usia tersebut adalah usia di mana anak-anak muda sedang mencari jati dirinya (identity seeker) dan juga mencari perhatian (attention seeker). Dengan pengetahuan tersebut, dibuatlah inovasi dalam harga yang murah dengan kualitas baik, serta pengalaman dalam menyantap makanan unik di mana makanan yang dijual diletakkan dalam panci.

2. Kacamata+

Kacamata+ adalah sebuah online shop yang menjual kacamata untuk memenuhi kebutuhan fashion pelanggannya. Dengan tagline Easy, Express, Economical, Kacamata+ menawarkan jasa pembuatan kacamata yang mudah melalui online dilengkapi dengan berbagai contoh kacamata yang disediakan. Hal ini berarti memudahkan pelanggannya dalam memesan kacamata. Dibandingkan harus mengunjungi toko kacamata konvensional yang memerlukan transportasi serta mengabiskan waktu di jalan, pelanggan dapat dengan mudah duduk di depan komputer dan memilih kacamata yang diinginkan melalui website kacamataplus.com. Harga yang ditawarkan pun juga terjangkau.

Pelayanan yang disediakan tidak sekedar pemesanan kacamata secara online, namun juga pemeriksaan mata mobile oleh tim yang kompeten dan peralatan canggih dari Jepang. Pelayanan Home Try On juga memungkinkan pelanggannya memilih 5 frame yang disukai dan mencobanya di rumah sehingga memberikan pengalaman seperti datang langsung ke optik atau toko kacamata.

3. Ngeprint.co.id

Ngeprint.co.id yang berfokus di wilayah Jabodetabek ini adalah sebuah perusahaan print online yang mempunyai misi untuk menjadi perusahaan print online yang siap memenuhi dan menjawab semua kebutuhan cetak para pelanggan mereka.

Ngeprint.co.id melakukan sebuah terobosan di mana kegiatan untuk mencetak sesuatu seperti wide format printing, printing, dan stationery tidak harus dengan mendatangi tempat print konvensional. Pelanggan tidak harus berpergian dan menghabiskan waktu di jalan, terutama di kota besar seperti Jakarta yang sering sekali dilanda kemacetan.

Dengan melakukan proses printing secara online, pelanggan juga tidak harus menunggu tetapi tetap mendapatkan hasil yang sesuai dengan yang mereka harapkan. Proses pengerjaan yang berkualitas dengan waktu yang relatif lebih cepat menjadi keunggulan dari ngeprint.co.id ini.

4. E-Fishery

E-Fishery adalah inovasi dalam memberi pakan ikan secara otomatis dengan alat. Alat pemberi pakan ini dapat dikontrol dari jarak jauh serta dilengkapi sensor untuk melihat nafsu makan ikan sehingga dapat dengan efektif mengontrol jumlah pakan ikan. Selain menghasilkan keuntungan, inovasi ini pun mendapatkan penghargaan “Spark the Fire Champion”, yaitu sebuah penghargaan yang diberikan pada Pertemuan Wirausaha Dunia ke-6 di Nairobi, Kenya.

Penemunya e-fishery, Gibran Huzaifah, mengatakan bahwa wirausaha Indonesia perlu berpikir global agar bisa bersaing di kancah Internasinal. “Untuk maju, anak muda Indonesia harus berani menemukan inovasi baru dan membuat penyelesaian masalah yang riil di masyarakat”, tambahnya.

Walaupun teknologi e-fishery ini baru diproduksi pada Februari 2014, namun permintaannya sangat tinggi dan diminati petani budi daya ikan di Tanah Air.

5. Traveloka

Di era serba digital dan praktis ini, siapa yang tidak tahu tentang Traveloka? Traveloka ternyata dilatar belakangi oleh Ferry Unardi, sang pemilik Traveloka, yang memiliki passion dalam dunia IT dan melanjutkan kuliah Ilmu Komputer di Purdue University. Ia menemukan kesulitan untuk urusan penerbangan ke kampus, kantor, dan kampung halaman di Indonesia. Kesulitan inilah yang mendorong Ferry mencari solusi yang akhirnya membuahkan lahirnya Traveloka.

Traveloka adalah situs pencarian dan pembanding harga tiket pesawat. Dengan adanya Traveloka, pemesanan tiket pesawat dan booking hotel dapat dilakukan dengan mandiri, lebih mudah, cepat dan juga praktis. Hanya dalam waktu 3 tahun sejak didirikan, Traveloka telah menjadi agen travel online terbesar di Indonesia. (ad)

Membangun Bisnis Kedai Kopi
Mei 26, 2014
5

Di zaman sekarang kedai kopi merupakan tempat pilihan utama untuk bercengkerama atau beristirahat bagi para pelajar dan pekerja kantoran setelah mereka pulang kuliah atau kerja. Tempat ini juga sering digunakan sebagai tempat berdiskusi pekerjaan atau pertemuan para sahabat dan relasi bisnis. Bisa dibilang nongkrong di kedai kopi atau kafe sudah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat perkotaan.

Bisnis ini memiliki potensi besar dan tidak memerlukan modal yang terlalu besar. Pertama carilah tempat yang strategis untuk memulai bisnis ini, pilih tempat yang dekat keramaian seperti kampus dan perkantoran karena tempat-tempat ini adalah lokasi utama tempat target pelanggan utamamu beraktifitas. Ciptakan kondisi kedai yang senyaman mungkin sehingga pelangganmu betah nongkrong di kedai kopimu.

Konsep yang unik ditambah dengan design yang mendukung akan membuat kedai kopi milikmu menarik perhatian orang. Jangan lupa lengkapi kedaimu dengan jaringan wifi untuk menemani para pelanggan saat menikmati menu yang ditawarkan. Jaringan wifi merupakan kebutuhan utama mereka saat nongkrong di tempat seperti ini. Peralatan yang dibutuhkan untuk menjalani usaha ini adalah meja, kursi, mesin pembuat kopi, cangkir dan mug, alat pemanas air, blender untuk es kopi dan bahan-bahan pembuat menu tambahan. Stok bahan baku perlu menjadi prioritas anda sebelum memulai usaha kedai kopi ini. Pilihlah biji kopi yang berkualitas dan kalau perlu jadikan produsennya sebagai rekan bisnis untuk menjamin kelancaran usaha  anda.

Sediakan juga bermacam-macam jenis kopi supaya pelanggan anda tidak bosan. Contohnya kopi Arabica, kopi luwak, kopi hitam, kopi coklat, es kopi, dll. Menu tambahan juga diperlukan untuk kedai kopi supaya pelanggan bisa mendapat kepuasan lengkap atau menjadi pilihan alternatif saat mereka sedang tidak ingin minum kopi. Kamu bisa menyediakan roti bakar, pisang goreng, cake, waffle, es krim, dan makanan ringan lainnya. Perhitungkan biaya-biaya operasional dengan benar. Hitunglah mulai dari biaya sewa, gaji pegawai, pengeluaran operasional (listrik, air), dll semua ini harus diperhitungkan untuk mencegah kerugian. Pekerjakan juga pegawai yang berpengalaman sehingga mereka dapat melayani pelanggan dengan ramah dan mengerti cara meracik kopi yang nikmat.

Strategi promosi yang bisa dilakukan agar bisnis kedai kamu semakin berkembang  adalah promosi melalui media sosial atau mengadakan event khusus seperti acara nonton bareng pertandingan sepak bola, live music, stand-up comedy show, dll. Dengan mengadakan event-event seperti ini maka akan lebih mudah menarik pengunjung dan masyarakat luas juga akan mengetahui keberadaan bisnismu. Ciptakan juga pilihan minuman kopi yang inovatif dan memiliki citra rasa yang berbeda sehingga para pelangganmu ketagihan dan ingin datang berkunjung lagi.

Tips Membangun Bisnis Kuliner
Mei 26, 2014
2

Apa kamu hobi memasak dan memiliki minat besar di bidang kuliner? Kenapa tidak mencoba mengembangkannya menjadi bisnis? Tentu akan menyenangkan bila bisa menyalurkan hobimu sekaligus menghasilkan penghasilan tambahan. Dalam berbisnis kuliner, inovasi dan kreativitas sangatlah diperlukan untuk menciptakan menu masakan yang lezat dan unik sehingga. Makanan yang dijual pun harus disesuaikan dengan selera pasar dan konsumen.

Strategi pertama untuk memulai bisnis kuliner adalah memilih lokasi yang strategis dan mempertimbangkan target konsumen yang dituju. Misalnya bila targetmu adalah para pelajar atau mahasiswa maka harga produknya harus terjangkau dengan kondisi keuangan mereka, selain itu makanannya juga harus lezat, memenuhi selera serta aman bagi kesehatan mereka. Wirausaha kuliner juga tentunya harus menjaga kualitas makanan dan pelayanan restorannya. Dengan pelayanan dan kualitas yang baik para pelanggan pasti akan kembali datang berkunjung atau memesan masakan anda lagi.

Apabila kamu sekarang memiliki modal terbatas, fokuskan dulu pada satu gerai. Lokasi sangatlah penting untuk diperhatikan, pilihlah lokasi yang dekat dengan keramaian sehingga geraimu mudah dicari dan dilihat pelanggan. Jangan lupa melakukan promosi dengan menyebarkan brosur kepada calon pelanggan atau melalui website dan jejaring sosial bila targetmu adalah anak muda. Selain itu kamu harus tekun melakukan riset tentang jenis makanan apa saja yang sedang banyak diminati masyarakat, dengan mengetahui selera pasar kamu bisa terus berinovasi dalam menciptakan menu-menu andalan.

Membuka usaha kuliner merupakan bisnis yang sangat potensial karena makanan merupakan kebutuhan pokok manusia dan akan selalu diminati banyak orang. Dan biasanya bisnis ini sangat berportensi bila lokasinya berada di sekitar perkantoran, sekolah dan universitas karena mereka yang beraktivitas di tempat-tempat tersebut akan mencari tempat untuk makan ketika jam makan siang tiba. Berbagai usaha kuliner yang dapat  anda lakukan diantaranya  adalah menjual  mie ayam, bakso, bubur ayam, gado-gado, sate ayam, batagor, pempek, es cendol, jus buah dan banyak macamnya lagi. Tergantung dari skill dan minat anda dalam bidang kuliner.

Ketika menjalankan usaha ini tentu ada beberapa hambatan yang akan kamu temui, di antaranya bahan masakan yang tidak habis terjual sehingga menyebabkan kerugian. Untuk menghindarinya kamu harus pandai mengantisipasi dengan cara mengetahui menu apa saja yang lebih disukai  pelanggan. Selain itu buatlah perkiraan logistik yang akurat untuk mengindari kelebihan bahan. Hambatan lainnya adalah banyaknya pesaing yang sudah menjalankan usaha yang sama dan lokasinya yang berdekatan dengan usaha kamu. Kamu sebenarnya tidak perlu khawatir, karena masalah ini bisa diatasi dengan menciptakan keunikan dalam menu masakanmu, memberikan servis yang memuaskan sekaligus harga yang kompetitif bagi pelanggan.