Exact matches only
Search in title
Search in content
Search in comments
Search in excerpt
Search in posts
Search in pages
Search in groups
Search in users
Search in forums
Filter by Categories
Announcements
Community
Entrepreneur
Internet
Motivation
Opportunity
People
Tips and Tricks
Cara Inovatif Berhubungan Dengan Customer
March 23, 2014
0
Connect With Your Customers

Sedang membuat marketing plan untuk mengembangkan bisnismu dan mencari customer baru? Daripada hanya bergantung pada media tradisional seperti televisi, radio, koran dan majalah, sudah saatnya kamu mengalokasikan sebagian besar budgetmu pada jenis media yang baru seperti media sosial. Di era teknologi ini, untuk mendapat sekaligus menjaga customer memerlukan strategi marketing inovatif. Karena itulah pertimbangkan 3 faktor di bawah ini sebelum kamu membuat marketing plan untuk bisnismu:

1. Memanfaatkan trend media yang baru. Sekarang adalah saatnya untuk mengintegrasikan media tradisional dengan cara baru untuk menjangkau customer. Sebagai contoh kamu bisa menggunakan iklan TV cable untuk meningkatkan brand awareness sekaligus kredibilitas bisnismu dan iklan di koran untuk menjangkau calon customer dengan promosi spesifik. Namun kedua teknik tersebut akan menghasilkan hasil yang lebih baik bila dikombinasikan dengan website perusahaan yang interaktif, di mana customer bisa mendapatkan info tentang perusahaanmu sekaligus membaca testimonial positif dan rekomendasi dari website pihak ketiga. Jika kamu secara reguler menggunakan iklan radio, kombinasikanlah dengan promosi melalui media sosial yang memiliki konsep inovatif dan fun dimana mereka bisa berinteraksi secara langsung. Dengan cara ini customer tidak akan jenuh dan menanti bagian selanjutnya dari kampanye iklanmu.

2. Komunikasi one-on-one dengan customer. Banyak yang bilang semua yang lama sekarang menjadi baru lagi dan itulah yang terjadi dalam strategi membangun interaksi dengan customer. Customer yang selalu mengevaluasi semua transaksinya mau membuat keputusan yang aman dan tepat. Jadi mereka akan memilih untuk mengeluarkan uang pada bisnis, produk atau jasa yang mereka percaya bisa memberikan yang terbaik mulai dari customer service, garansi harga murah dan kenyamanan berbelanja.

Buatlah kesempatan untuk berkomunikasi secara langsung dengan  customer. Bila kamu seorang retailer, ini adalah waktu yang tepat untuk mengadakan demonstrasi produk, workshop dan event lainnya. Adakan juga customer appreciation event untuk membantumu berbagi informasi bermanfaat yang bisa diadakan di kantormu atau off-site. Sekali kamu sudah berhadapan langsung dengan customer, kamu bisa mempunyai kesempatan untuk berkomunikasi dengan cara yang tidak bisa dicapai hanya dengan menggunakan media tradisional.

3. Customer ingin berinteraksi dan dimengerti. Interaksi melalui dialog online akan membantu customer merasa memiliki ikatan dengan bisnis atau brandmu. Kunci untuk membangun sebuah hubungan yang positif dengan customer adalah dengan mendemonstrasikan bahwa perusahaanmu peduli pada hal yang sama dengan mereka. Ajaklah customer untuk berbicara padamu atau tentang produkmu, pokoknya buat mereka bisa menyuarakan pendapat mereka. Ada banyak cara untuk berkomunikasi secara online dengan customermu, kamu bisa membuat akun social media untuk bisnismu atau menambah elemen interaktif di websitemu dimana customer bisa berkomunikasi denganmu atau satu sama lain.


Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *