Search in posts
Search in pages
Search in groups
Search in users
Search in forums
Filter by Categories
Announcements
Community
Entrepreneur
Internet
Motivation
Opportunity
People
Tips and Tricks
Pilih Jadi Dreamer atau Doer dalam Berwirausaha?
22/03/2014
0
Dreamer or Doer

Apa perbedaan dreamer dan doer dalam mewujudkan mimpi kewirausahaan mereka? Dreamer atau pemimpi akan duduk diam dan berpikir tentang apa yang bisa mereka lakukan namun tidak pernah berusaha mewujudkannya. Mereka adalah individual yang terus membicarakan ide mereka untuk menciptakan sesuatu yang hebat atau sesuatu yang bisa merevolusi dunia. Seiring dengan berjalannya waktu, mereka akan terus berada di titik yang sama dalam hidup mereka.

Bila dreamer terus larut dalam mimpi mereka, doer adalah invidual yang mempunyai kemampuan dan tekad untuk mengambil kesempatan yang ada. Mereka juga memiliki kemampuan untuk mengeksekusi ide mereka tidak seperti dreamer yang memiliki ide namun tidak memiliki tekad untuk melaksanakannya. Dan parahnya lagi dreamer mungkin gagal menyadari kalau sudah ada orang di luar sana yang mempunyai ide yang sama.

Memiliki ide itu bagus, namun ide saja tidak cukup karena nilai dari sebuah ide itu datang dari eksekusinya. Bila kamu memiliki ide namun tidak melakukan apapun, ide itu tidak akan memiliki nilai apa-apa. Sama seperti aspek lain dalam hidup, bila kamu tidak menyisihkan waktu dan usaha maka hasilnya pun akan minimal. Wirausaha yang hanya banyak bicara tentang apa yang mau mereka lakukan bukanlah orang yang perlu kamu takuti, yang perlu diwaspadai adalah seseorang yang tidak banyak bicara namun melakukan banyak hal untuk mewujudkan ide mereka.

Sekarang ini kesadaran berwirausaha sudah mulai meningkat di kalangan masyarakat dan banyak orang yang bersedia untuk memberikan inovasi baru bagi dunia untuk masa depan yang lebih baik. Perlu diingat dalam berwirausaha kamu harus membangun sesuatu yang bisa memberikan kontribusi positif pada masyarakat dan bukan sesuatu yang hanya menguntungkan dirimu.

Selain itu ada sebuah persepsi yang mengagungkan keglamoran dari kisah-kisah sukses sebuah usaha start-up padahal membangun usaha dari nol itu tidaklah mudah, banyak resiko dan kesulitan yang harus diambil seorang individu untuk mencapai kesuksesan. Karena pada kenyataannya kesempatan untuk mendapatkan akusisi yang sukses atau nilai yang tinggi cukuplah kecil dan tidak semua wirausaha berhasil mencapainya.

Jangan memulai sebuah startup bila kamu memiliki alasan yang tidak benar. Jika kamu menjalankannya untuk menjadi kaya, memberi tambahan dalam resume atau alasan untuk keluar dari sekolah maka kamu akan mengalami banyak kesulitan. Mulailah membangun usahamu untuk alasan yang benar, lakukanlah karena itu benar keinginanmu dan bukan karena keharusan.

Menjalankan sebuah usaha perlu rencana strategis dan eksekusi yang matang, pemikiran yang tidak dimiliki semua orang. Kewirausahaan dan perjalanannya membutuhkan mental yang kuat, prosesnya akan menguji seberapa kuat kamu bisa menangani stress dan kegagalan. Karena itu berhentilah bermimpi dan mulailah menjadi seorang doer yang dapat mengeksekusi ide-idemu menjadi sebuah bisnis yang hebat.


Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *