Search in posts
Search in pages
Search in groups
Search in users
Search in forums
Filter by Categories
Announcements
Community
Entrepreneur
Internet
Motivation
Opportunity
People
Tips and Tricks
Eco Bisnis Sangat Menjanjikan
23/02/2014
1

Perubahan iklim dampaknya benar-benar telah dirasakan. Salah satu  hal paling nyata adalah banjir besar yang melanda Indonesia. Selain sistem drainase yang buruk, banjir besar juga disebabkan adanya perubahan iklim. Perubahan iklim membuat intensitas hujan semakin besar. Hal ini tentu saja menyebabkan banjir besar. Oleh karena itu, perubahan iklim menjadi isu yang hangat dibicarakan di dunia. Sektor bisnis pun mulai menerapkan bisnis yang ramah lingkungan. Sebagai wirausahawan, seharusnya, Anda dapat melihat adanya keuntungan yang besar ketika menerapkan bisnis ramah lingkungan. Mengapa?

  • Daya Jual Meningkat

Isu tentang lingkungan ini telah menyadarkan banyak orang untuk mengubah pola hidup mereka menjadi lebih hijau. Oleh karena itu, akan ada semakin banyak orang yang mempertimbangkan untuk membeli produk yang ramah lingkungan. Dengan menerapkan bisnis yang ramah lingkungan dan menyatakan bahwa produk Anda adalah produk yang ramah lingkungan otomatis daya jual semakin meningkat. Selain itu, produk yang ramah lingkungan juga berelasi dengan kesehatan. Biasanya, pembeli akan berpikir bahwa produk yang ramah lingkungan tentu baik bagi kesehatan mereka juga.

  • Biaya Operasional yang Lebih Kecil

Menerapkan konsep bisnis ramah lingkungan akan membuat Anda dapat memangkas biaya operasional Anda. Konsep ramah lingkungan yang paling dasar mengajarkan untuk melakukan 3R : reuse, reduce, recycle. Contoh implementasi ini adalah mengurangi penggunaan kantong plastik dan wadah sekali pakai. Dengan mengajak konsumen untuk membawa wadah sendiri / tas sendiri, Anda dapat memangkas biaya wadah. Contoh lainnya adalah hemat energi. Hal ini dapat diterapkan pada kantor Anda seperti menggunakan lampu LED dan menggunakan alat elektronik dengan daya kecil seperti printer 10 watt. Penerapan ini akan mengurangi biaya listrik Anda.

  • Peluang Bisnis Anda Semakin Dikenal

Kampanye mengenai gerakan ramah lingkungan marak diadakan di berbagai belahan dunia termasuk di Indonesia. Dengan menjadi pebisnis yang menerapkan konsep ramah lingkungan, Anda berkesempatan untuk diundang hadir dalam berbagai acara tersebut dan menjadi model percontohan bisnis yang ramah lingkungan. Semakin banyak orang yang mengenal bisnis Anda, bukan?  UNESCO Youth Desk misalnya telah dua kali mengadakan Greenpreneurship Challenge, sebuah kompetisi bagi wirausahawan yang memiliki bisnis ramah lingkungan. Contoh perusahaan yang telah sukses menerapkan bisnis ini adalah The Body Shop. Perusahaan kosmetik asal Inggris ini selalu menerapkan eco bisnis dan telah dikenal luas karenanya.

  • Melestarikan Lingkungan

Di atas segalanya, Anda telah membantu menjaga lingkungan dan mencegah terjadinya dampak perubahan lingkungan lebih dini. Lingkungan yang baik tentu akan memudahkan Anda dalam berbisnis. Banjir dan cuaca ekstrem tentu menghambat Anda untuk melakukan kegiatan bisnis yang akan mengakibatkan kerugian besar.


  1. semua bisnis menjanjikan
    hahahaha

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *