Author Posts

February 6, 2014 at 10:31 pm

Hello! Before we begin, let’s take a look at what a Hallyu Wave really is;

Hallyu atau Korean Wave (Hangul: 한류; Hanja: 韓流; RR: Hallyu, bahasa Indonesia: “Gelombang Korea”) adalah istilah yang diberikan untuk tersebarnya budaya pop Korea secara global di berbagai negara di dunia. Umumnya Hallyu memicu banyak orang-orang di negara tersebut untuk mempelajari Bahasa Korea dan kebudayaan Korea.

At the Beginning

Kegemaran akan budaya pop Korea dimulai di Republik Rakyat Cina dan Asia Tenggara mulai akhir 1990-an. Istilah Hanliu (韓流, Bahasa Korea:한류;Hallyu) diadopsi oleh media Cina setelah album musik pop Korea, HOT, dirilis di Cina. Serial drama TV Korea mulai diputar di Cina dan menyebar ke negara-negara lain seperti Hongkong, Vietnam, Thailand, Indonesia, Filipina, Amerika Serikat, Amerika Latin dan Timur Tengah.

Pada saat ini, Hallyu diikuti dengan banyaknya perhatian akan produk Korea Selatan, seperti masakan, barang elektronik, musik dan film. Fenomena ini turut mempromosikan Bahasa Korea dan budaya Korea ke berbagai negara. Pemerintahan korea sendiri sangat mendukung dan memiliki peran dalam mewabahnya hallyu. Dukungan tersebut diwujudkan dengan menghindarkan diri dari gempuran industri entertaiment dari barat. Hal ini menjadikan orang korea sendirilah yang harus menciptakan produk-produk media massanya sendiri. Selain itu dukungan dari pemerintah juga diwujudkan melalui berbagai event seni seperti festival-festival film dan music bertaraf Internasional.

So, there you go, a brief introduction of what a Hallyu Wave is. Ada beberapa “produk” Korea yang memulai Hallyu Wave ini (mostly, South Korea) but if I tell you now, where would the fun be?

Here is a question to start our next and more interesting topic: apa yang menurut kalian menjadi pemicu utama adanya Hallyu Wave di Indonesia? 

See you in next issue! Annyeong ^^

February 6, 2014 at 11:22 pm

woww, copas WIKI, wkwk Kidding

 

February 6, 2014 at 11:23 pm

hahay~ for early introduction gakpapa lah wiki dulu, biar nanti next topics kan ditentuin sama interest masing” member, mungkin DW oppa ada ide?

April 4, 2014 at 4:11 pm

salute ama korea, bisa ngebikin produknya global, harusnya indo juga bisa kayak gini nih,,,

April 24, 2014 at 10:56 am

hmm… baru tau ane..