Author Posts

May 13, 2015 at 11:31 am

Indonesia bukan hanya terkenal dengan keindahan pulaunya, seni budayanya, dan keanekaragaman satwanya, tetapi juga ragam kulinernya yang popular hingga ke mancanegara. Beberapa kuliner malah sempat jadi rebutan dengan negara jiran Malaysia dan menimbulkan polemik.

Kalau kamu kebetulan sempat bermukim di luar negeri, kamu pasti kangen dengan makanan Indonesia. Kamu bisa menemukan beberapa jenis makanan khas Indonesia di beberapa negara, tetapi tetap saja, rasanya tidaklah selezat ketika kamu menikmatinya di negara sendiri.

Dari ratusan jenis makanan khas Indonesia, ada beberapa makanan yang cukup disukai. Kamu bisa menemukannya di restoran berbintang dan juga di pedagang kaki lima yang menjualnya dengan gerobak.

Bahkan di acara kenegaraan, atau saat kepala negara kita mengadakan jamuan makan dengan pemimpin negara lain, makanan jenis ini selalu ada.

Berikut lima makanan khas Indonesia yang tidak bisa dilupakan:

Nasi goreng
Sejarah nasi goreng sebenarnya menceritakan kalau bangsa Indonesia orangnya hemat. Bahkan nasi sisa pun bisa dijadikan makanan yang lezat hanya mengolahnya kembali dengan kecap manis dan beberapa bumbu seperti bawang, cabai, dan terasi. Disantap panas-panas dengan tambahan telur ceplok dan kerupuk, rasanya hmmmm…
Semua orang di Indonesia menyukai nasi goreng dan para wisatawan selalu mencoba menu ini karena dianggap lezat. Tak heran nasi goreng menjadi makanan yang cukup mendunia.

Rendang
Makanan berbahan dasar daging sapi ini pastinya tak asing lagi bagi kamu. Kamu bisa menemukan hidangan ini hampir di semua rumah makan dan tentu saja sudah dimodifikasi dengan selera pemilik rumah makan.
Rendang terpilih menjadi makanan terlezat di seluruh dunia pada tahun 2011. Makanan yang berasal dari Minangkabau ini membutuhkan waktu hingga empat jam untuk memasaknya sehingga selain rasanya yang mengundang selera, rendang bisa awet hingga berhari-hari. Bahan untuk membuat rendang biasanya adalah daging sapi, santan kelapa, cabai, bawang, dan aneka bumbu dapur. Dimasak hingga berwarna coklat atau hitam pekat.
Rendang pernah menjadi bahan rebutan antara Indonesia dan Malaysia dimana Malaysia mengklaim kalau rendang adalah masakan khas mereka. ☺

Gudeg
Kalau dulu gudeg hanya merupakan makanan yang cuma bisa ditemui di Yogyakarta, kini gudeg termasuk popular di Indonesia dan menjadi makanan khas yang digemari. Beberapa restoran dan hotel bintang lima di Indonesia juga menawarkan gudeg dalam menu makanan mereka.
Bahan dasar gudeg adalah nangka dan santan kental. Warna gudeg yang coklat dikarenakan nangka muda itu dimasak dengan daun jati. Makanan ini menjadi incaran wisatawan asing yang datang ke Jawa Tengah atau Yogyakarta. Gudeg akan semakin mantap bila disajikan dengan opor ayam dan krecek, plus sambel terasi dan kerupuk.

Gado-gado
Wisatawan asing sering menyebut gado-gado dengan sebutan Indonesian salad with peanut sauce, alias salad Indonesia dengan saus kacang. Istilah yang sebenarnya tidak salah.
Gado-gado masuk kuliner asli Indonesia dan berbahan sayur-sayuran, kentang, tahu, tempe, dan telur. Bahan tadi diaduk dengan bumbu kacang dan taburan bawang goreng plus kerupuk.
Gado-gado cocok disantap dengan nasi dan lontong. Hidangan ini cukup dikenal dan membuat kangen.
Tempe
Percaya atau tidak, tingginya harga tempe di pasar bisa menyebabkan ketidakstabilan di Indonesia. Ini dikarenakan orang Indonesia tidak bisa hidup tanpa tempe. Saat ini tempe menempati posisi strategis di meja makan penduduk Indonesia.
Meskipun tempe memang makanan murah meriah yang sanggup dibeli oleh masyarakat terutama kalangan menengah kebawah, tempe juga ada dihidangan para pejabat dan birokrat kita. Hotel-hotel dan restoran pun punya menu tempe yang diolah dengan berbagai rasa.

Inilah makanan Indonesia yang berhasil masuk ke dunia kuliner Internasional. Untuk kamu pecinta kuliner, harus sering berjalan-jalan menjalahi Indonesia untuk mengetahui berbagai makanan khas daerah lain yang jumlahnya sangatlah banyak.

May 20, 2015 at 6:20 pm

Katanya 5 gan? Itu cman 4 😛

May 21, 2015 at 2:15 pm

wah iya gan ada kesalahan hehehe mohon dimaklumi ya

May 22, 2015 at 12:17 am

Gpp. Woles…