Author Posts

February 15, 2014 at 3:03 pm

 

Menyanyi adalah melantunkan suara dengan nada-nada yang beraturan, biasanya menyanyi diiringi dengan alat musik, baik itu menyanyi secara solo maupun didalam kelompok.

Bila kamu memiliki hobi dan kebiasaan menyanyi. Teruskan kebiasaan tersebut. Bila beruntung kamu bisa menjadi seorang penyanyi profesional dan mendapatkan banyak rupiah dari aktivitas itu. Andaikan pun tak menjadi seorang penyanyi profesional, bukanlah sebuah alasan bagimu untuk berhenti bernyanyi. Terus lakukan hobimu itu karena bernyanyi ternyata sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita.

Apa saja manfaatnya? Berikut manfaat bernyanyi bagi kesehatan manusia:

1. Bernyanyi baik untuk kesehatan jantung.

Berdasarkan penelitian Professor Graham Welch, seorang Profesor dari sekolah musik di Institut Pendidikan, Universitas London, Inggris, bernyanyi ternyata merupakan kegiatan yang sangat menyehatkan. Graham yang telah 30 tahun meneliti manfaat menyanyi bagi kesehatan mengatakan bahwa bernyanyi dapat menyehatkan jantung dan paru-paru. Mengapa? Karena bernyanyi merupakan sebuah aktivitas aerobik yang mampu meningkatkan pasokan oksigen ke aliran darah di seluruh tubuh dan meningkatkan efisiensi sistem kardiovaskular (jantung).

2. Bernyanyi juga dapat meningkatkan tingkat kewaspadaan seseorang karena aliran oksigen yang lebih lancar ke seluruh tubuh.

Bernyanyi merupakan olahraga bagi otot tubuh. Saat bernyanyi, hampir sebagian besar otot-otot di sekitar perut (diafragma) akan bekerja dan ini dianggap sebagai latihan yang sangat baik untuk otot tubuh bagian atas. Latihan vokal melibatkan latihan pernafasan dan latihan pada otot jantung dan paru-paru.

3. Bernyanyi sangat baik bagi kesehatan psikis dan psikologis sesesorang.

Dengan bernyanyi, maka perasaan seseorang akan menjadi terekspresikan, menjadi lebih lega, dan lebih semangat lagi.

4. Menyanyi juga dapat menjadi “teman” yang bisa memperbaiki mood.

Bernyanyi juga merupakan media yang efektif untuk mengekspresikan apa yang sedang dirasakan seseorang. Biasanya saat sedang sedih atau galau, orang akan suka menikmati dan menyanyikan lagu-lagu yang mewakili perasaannya tersebut. Begitu pula sebaliknya, saat sedang ceria dan gembira, orang cenderung enggan menikmati dan menyanyikan lagu-lagu sedih karena merasa tidak sesuai dengan apa yang dirasakannya saat itu.

P.S : Tapi jangan kelebayan juga nyanyi lagu sedihnya nanti galaunya gak ilang” sobat melow 😀

 

yuk yang suka menyanyi, mau suaranya bagus ato jelek, buat kalian semua yang sering dengerin lagu, nyanyi” dikamar mandi, yuk sharing seputar menyanyi, apa aja yang uda kalian rasain, yang mau berbagi pengalaman menyanyi atau bertanya jg boleh di forum ini yah! Salam melow teman”!

 

Best Regards

Melodia

JDA Community

April 4, 2014 at 5:20 pm

bernyanyi salah satu cara mengekspresikan emosi.. hehe..

April 24, 2014 at 11:24 am

ajarin ane nyanyo donk…