Search in posts
Search in pages
Search in groups
Search in users
Search in forums
Filter by Categories
Announcements
Community
Entrepreneur
Internet
Motivation
Opportunity
People
Tips and Tricks
Kecerdasan Finansial untuk Pebisnis Muda
22/01/2014
0

Orang-orang yang telah sukses dalam hal keuangan cenderung memiliki kecerdasan finansial yang tinggi. Pada bangku sekolah, ciri-ciri anak yang pandai adalah yang memiliki Intelligent Quotient (IQ) tinggi. Sehingga banyak orang tua yang mengharapkan anaknya memiliki IQ yang tinggi. Selain itu juga, ada beberapa kecerdasan lain yang diukur seperti Spiritual Quotient (SQ) dan Emotional Quotient (EQ). Sedangkan di dunia bisnis, kecerdasan yang menjadi tolak ukur adalah Kecerdasan Finansial atau Finansial IQ. Kecerdasan Finansial adalah suatu pemikiran yang mampu mengatur hidupnya sehingga terbebas dari masalah keuangan.

Robert Kiyosaki yang dikutip dari bukunya “Rich Dad’s Guide To Increase Your Financial IQ” menjelaskan bahwa ada lima kecerdasan finansial yang diperlukan agar mereka mampu mengatasi masalah keuangan. Lima kecerdasan tersebut adalah sebagai berikut :

Mengetahui Cara Menghasilkan Uang

Semua pekerjaan yang dilakukan memang selalu menghasilkan uang. Namun masalahnya apakah seberapa banyak uang yang didapatkan? Apakah telah mampu membebaskan masalah keuangan Anda? Hal ini bukan berarti mengharuskan untuk menjadi seorang pengusaha atau tahu bagaiaman caranya menjual. Karena memang kebanyakan orang selalu meniru kesuksesan orang lain dengan melakukan hal yang sama di bidang yang sama. Dalam bukunya, Robert menuliskan bahwa kita tidak harus menjadi seperti dirinya untuk bisa sukses secara finansial. Jadi, Semua tergantung pikiran individu masing-masing untuk memilih jalan yang sesuai dengan dirinya.

Mengetahui Cara Melindungi Uang

 Percuma saja jika memiliki banyak uang namun juga sangat boros. Sehingga mengetahui cara melindungi uang merupakan langkah yang penting untuk mendapatkan kesuksesan finansial. Tidak banyak cara yang dijelaskan dalam melindungi uang, karena semua tergantung pada pemilik uang. Jika seseorang dapat mengontrol keuangannya dengan baik maka otomatis langkah kedua ini dapat terlewati.

Mengetahui Berapa Anggaran atau Budget

Setelah tahu cara melindungi uang, langkah selanjutnya adalah memastikan anggaran atau budget. bisnis yang sukses harus memiliki selisih kelebihan dari pengeluaran. Dengan memperhatikan tiap uang yang keluar dan dapat mengevaluasi penyimpangan yang terjadi, maka peluang Anda memperoleh kesuksesan finansial akan semakin besar.

Mengetahui Cara Menggunakan Daya Ungkit Uang

Maksud pada langkah keempat ini adalah mengetahui cara menggunakan uang untuk menghasilkan uang yang lain. Cara keempat ini yang paling bisa menjamin kesuksesan Anda di masa depan. Karena cara ini merupakan langkah pasif. Artinya biarkan uang yang Anda miliki bekerja untuk Anda. Caranya adalah dengan mengalokasikan beberapa uang dalam bentuk asset produktif yang memberikan penghasilan. Tujuannya bukan memperoleh keuntungan yang setinggi-tingginya, tetapi kestabilan hasil. Karena langkah ini merupakan bentuk keuntungan jangka panjang.

Mengetahui Cara Meningkatkan Informasi Keuangan

Langkah terakhir adalah selalu meningkatkan informasi keuangan. Informasi yang terbaru dan tepat bagi bisnis Anda akan menjadi salah satu cara untuk mendapatkan uang.


Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *