Search in posts
Search in pages
Search in groups
Search in users
Search in forums
Filter by Categories
Announcements
Community
Entrepreneur
Internet
Motivation
Opportunity
People
Tips and Tricks
Kisah Sukses Pendiri Twitter
18/01/2014
0

Twitter, sebuah nama yang kini familiar bagi hampir sleuruh orang di dunia. rRatusan juta akun Twitter telah meramaikan gembar-gembor media sosial, bersaing dengan popularitas Facebook, Tumblr, maupun situs jejaring sosial lainnya. pada Februari 2013, tercatat sejumlah 200 juta pengguna Twitter. Kepopuleran Twitter dibawa oleh empat pemuda Amerika Serikat yaitu Evan Williams, Jack Dorsey, Biz Stone, dan Noah Glass.

Evan Williams (@ev), sebelumnya telah mendirikan Blogger yang diakusisi Google pada 2003. Kesuksesan Evan tidak lepas dari karakter ambisiusnya. Bagi Evan, untuk berhasil menjadi online entrepreneur seseorang harus mau bekerja dengan orang hebat, mau mengambil tantangan besar, menjaga kesehatan diri, fokus, dan mencintai orang-orang di sekitarnya sebagai wujud kesuksesan yang hakiki.

Jack Dorsey (@jack), berhasil mencapai keuntungan senilai US$ 1,1 miliar dari Twitter sebagaimana dicatat oleh Forbes. Jack menjadi salah satu pengusaha yang terdaftar sebagai “Youngest Billionaires 2013” atau tujuh tahun setelah Twitter berdiri. Kesuksesan Jack dipengaruhi oleh kecenderungannya mendengarkan daripada banyak bicara. Pria asal St Louis, Missouri ini menyukai inspirasi yang datang dari hal sederhana, misalnya dari mengamati kondisi lingkungan sekitar.

Biz Stone (@biz), kelihaiannya dalam bergaul menjadikan dia berhubungan baik dengan rekan pendiri Twitter. Stone dikenal sebagai sosok yang pandai berdiplomasi dan jarang memiliki musuh.

Noah Glass (@noah), sudah ditendang oleh Evan Williams dari Twitter. Meskipun Noah termasuk pendiri Twitter, keberuntungannya di bisnis jejaring sosial ini tidak sebagus tiga temannya. Untung saja Noah berupaya lapang dada, seperti yang diungkapnya di bio akun Twitternya, “I wish the Twitter team, the best of luck and trust that they will be successful in continuing to develop this important communication tool.”

Twitter berhasil menjadi media sosial sepopuler sekarang adalah berkat strategi yang matang dari para pendirinya. Empat sekawan tersebut menginginkan sebuah media sosial yang mampu mengakomodasi pendapat seseorang hingga bisa dibaca langsung oleh banyak orang. Bila chat dan sms dapat dilakukan antara beberapa orang saja, Twitter bisa melibatkan banyak orang untuk berinteraksi sekalipun tidak saling mengenal. Jack Dorsey lah yang menggagas ide tersebut. Dorsey pun bercita-cita agar seseorang bisa menuangkan pilkiran ke dalam sebuah tulisan tanpa panjang lebar berupa status. Pendiri Twitter sengaja menjadikan Twitter sebagai sarana penyampai pesan berformat broadcast terbuka bagi umum. Semua pengguna cukup mengetikkan 140 karakter, lalu postingan yang dibuatnya bisa langsung direspon oleh banyak orang.

Kesuksesan Twitter telah menarik perhatian khalayak dunia, mengubah gaya hidup dan pola pikir masyarakat di berbagai penjuru dunia. Twitter seakan menjadi akun yang wajib dimiliki, terutama orang-orang penting atau terkenal seperti presiden, aktor, aktris, dan sebagainya.


Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *