Search in posts
Search in pages
Search in groups
Search in users
Search in forums
Filter by Categories
Announcements
Community
Entrepreneur
Internet
Motivation
Opportunity
People
Tips and Tricks
Manfaatkan Blogging Untuk Meraup Uang
17/01/2014
0

Kini kita sudah tidak asing lagi dengan istilah blog. Sejak perkembangan internet semakin pesat, blog bertambah populer sebagai salah satu layanan website yang user friendly dan bisa dimanfaatkan untuk sekedar hiburan maupun tujuan serius seperti bisnis. Blog merupakan singkatan dari web log. Blog dalam buku Weblogs: A History and Perspective karangan Rebecca Blood didefinisikan sebagai sebuah situs informasi atau diskusi yang dipublikasikan pada World Wide Web dan terdiri dari entri-entri terpisah satu dengan lainnya. Umumnya, entri blog ditampilkan berdasarkan kronologi pembuatannya. Hingga 2009, blog bisa digunakan oleh individu. Seiring perkembangan zaman, blog dapat digunakan secara komunal atau memiliki beberapa pemilik (author).

Jenis blog

Meskipun umumnya blog cenderung tekstual, sekarang tengah menjamur juga blog seni (art blogs), blog fotografi (photoblogs), blog video (vlogs), blog music (MP3 blogs), dan audio (podcasts). Sementara itu microblogging adalah tipe lain dari blogging yang melayani posting-an pendek, misalnya Twitter.

Perkembangan Blog dan Potensi Bisnis

Ratusan juta blog sudah ada di dunia maya sampai hari ini, Tercatat pada Februari 2011, jumlah blog di seluruh dunia adalah 156 juta. Lalu pada Oktober 2012, terdapat 77 juta Tumblr menurut survei Nielsen Company dan 56,6 juta WordPress seperti diberitakan About Tumblr.com. Blogger merupakan layanan blogging terpopuler sampai saat ini. Menilik pada data jumlah pengguna blog yang kian meningkat, blog bisa menjadi sarana pemasaran bisnis. Bayangkan berapa juta orang yang dapat mengakses iklan atau artikel bisnis dimana Anda tidak perlu membayar mahal. Membuat blog memerlukan biaya sangat murah untuk kebutuhan sewa hosting dan desain, bahkan bisa gratis.

Agar bisnis lewat blog sukses

Walaupun membuat promosi bisnis lewat blog hampir tidak memerlukan biaya, persaingan bisnis yang menggunakan media blog juga bertambah ketat. Anda harus merencanakan dan melaksanakan strategi khusus supaya blog banyak dibaca oleh orang lain serta pemasaran bisnis Anda melalui blog membuahkan hasil. Beberapa strategi yang patut dicoba adalah sebagai berikut.

1.    Tentukan fokusan bisnis yang spesifik

Untuk membuat target pasar mengerti mengenai produk atau jasa yang Anda dagangkan, Anda perlu memfokuskan fokus bisnis yang dijalani. Tujuannya adalah mempermudah branding sehingga pembaca blog bisnis. Pembaca cenderung mudah memahami sebuah blog dengan konten mengenai sepatu daripada blog berkonten sepatu, baju, aksesoris, dan tas sekaligus. Sekali Anda menentukan fokusan bisnis melalui blog, konsistenlah!

 2.    Tulis entri secara terstruktur dan mudah dimengerti

Buatlah artikel bisnis yang mudah dipahami oleh pembaca. Ciptakan susunan tulisan yang terstruktur mulai dari pembuka, isi, dan penutup.

eri saran agar blogger menulis ketika terpikir ide brilian “Saya tidak pernSertakan pula gambar untuk memperjelas topik yang sedang dibicarakan sekaligus untuk menarik perhatian pembaca. Buat cetak tebal atau miring pada bagian yang memerlukan penekanan pada tulisan.

 3.    Ciptakan kebiasaan menulis yang baik

Cherly Harryson, salah satu blogger sukses, membah mendengar seseorang mengatakan ‘Saya berhenti berlangganan dari Blog X karena tidak ada posting baru selama satu minggu’. Saya pernah mendengar banyak orang berkata,’Saya berhenti belangganan Blog X karena dia memperluas bahasan konten’”

Beberapa pilihan layanan blog yang bisa Anda pilih untuk sarana bisnis adalah Blogger, WordPress, Tumblr, Multiply.com, Blogsome.com, Webnode.com, dan masih banyak lagi. Untuk berbisnis, sebaiknya pilih layanan blog berbayar agar blog lebih fleksibel digunakan sesuai kebutuhan bisnis.


Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *