Search in posts
Search in pages
Search in groups
Search in users
Search in forums
Filter by Categories
Announcements
Community
Entrepreneur
Internet
Motivation
Opportunity
People
Tips and Tricks
Menjadi CEO di Usia Muda? Yes, You Can!
25/02/2014
0

Usia muda bukanlah hambatan bagi seseorang untuk memimpin sebuah perusahaan, salah satu contohnya adalah Brian Wong, CEO muda yang masuk dalam list Forbes 30 under 30. Di usianya yang masih 22 tahun, Brian Wong adalah CEO dari Kiip, sebuah perusahaan mobile rewards, dimana customer bisa mendapatkan reward sponsor sesuai dengan pencapaian virtualnya. Kiip sendiri sudah terintegrasi dengan lebih dari 1,500 applikasi, sebuah pencapaian yang luar biasa bagi anak muda yang belum genap berumur seperempat abad ini.

Apa rahasia di balik kesuksesan Brian Wong? Dorongan dan hasrat untuk mencapai sebuah tujuan adalah jawabannya. Dia percaya bahwa kemampuan seorang individu tidaklah terbatas walaupun ada banyak hambatan di hadapannya. Bila seseorang memiliki ide baru yang luar biasa dan kemampuan untuk mengeksekusinya, pasti akan selalu ada orang yang mau menginvestasikan uangnya untuk mendukung ide tersebut. Brian juga mengatakan kalau seseorang sangat ingin mencapai tujuannya, tidak ada hal lain yang lebih penting dari itu karena dia akan fokus 100% pada tujuan yang sudah dia buat.

I’m living a life that I designed for myself – Brian Wong

Mendirikan sebuah usaha di usia muda bukanlah sesuatu yang mudah namun bukan berarti itu tidak mungkin. Yang pertama kali harus dilakukan adalah mengubah mindset dan mengalahkan ketakutan yang selalu menjadi penghalang kita untuk maju. Modal utama seorang anak muda untuk mendirikan sebuah bisnis adalah keberanian dan hasrat yang jarang dimiliki orang yang sudah berumur. Coba kita lihat saja orang-orang berumur di sekeliling kita, kebanyakan dari mereka lebih memilh untuk berada di comfort zone dan puas dengan keadaan mereka sekarang. Mereka memang memiliki pengalaman yang lebih dari kita sebagai anak muda, namun sejuta pengalaman tidak akan berarti apa-apa tanpa keberanian dan hasrat untuk menjadi luar biasa.

Hasrat atau passion adalah faktor utama yang akan mendorong seseorang untuk berbuat lebih dan lebih lagi. Dari passion yang besar akan muncul ide-ide luar biasa yang membuat seseorang yakin dia bisa mengubah dunia dengan ide tersebut. Seperti yang ditekankan Brian Wong, bila kita memiliki ide yang luar biasa dan kemampuan untuk mengeksekusinya pasti akan mudah mencari orang untuk menginvestasikan uangnya. Jadi uang bukanlah masalah utama bila kamu memiliki sebuah ide cemerlang.

Selain itu, bila uang adalah tujuan utamamu dalam mendirikan sebuah usaha, mungkin kamu harus mengevaluasi ulang prioritasmu. Tentunya uang adalah salah satu motivasi utama dalam menggeluti bisnis, namun bila uang adalah tujuanmu satu-satunya, percayalah usahamu tidak akan bertahan lama. Berwirausaha adalah sesuatu yang seharusnya kamu ciptakan untuk the greater good. Artinya usaha yang kamu jalankan harus berguna bagi khalayak ramai dan memberikan perubahan yang berarti.

Akhir kata, sebagai anak muda sudah seharusnya kita menjalankan hidup yang kita rancang untuk diri kita sendiri seperti Brian Wong dan pengusaha muda sukses lainnya. Karena hidupmu adalah milikmu sendiri dan hanya kamu yang bisa menentukan apa yang ingin kamu lakukan. When you are young the sky is your limit and always say you can because nothing is impossible.


Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *