Search in posts
Search in pages
Search in groups
Search in users
Search in forums
Filter by Categories
Announcements
Community
Entrepreneur
Internet
Motivation
Opportunity
People
Tips and Tricks
Network Untuk Kemajuan Bisnis Anda
05/03/2014
0

Anda pernah mendengar istilah network? Kebanyakan orang akan berpikir bahwa network atau link hanya dibutuhkan ketika akan melamar pekerjaan. Selain itu, banyak orang membayangkan bahwa link atau network yang dimaksud adalah mendapat jaminan kemudahan atau promosi tanpa melihat kualitasnya. Padahal tidak demikian, network sangat berguna bagi wirausahawan. Mengapa? Network dapat menjadi sarana memperbesar bisnis Anda. Melalui network, bisnis Anda mendapat banyak kesempatan untuk dipromosikan. Network dapat dijadikan sarana untuk mendapatkan banyak kesempatan seperti kerja sama atau peluang-peluang baru. Lalu, bagaimana membangun network? Anda cukup melakukan beberapa hal mudah di bawah ini

  • Berkenalan dengan banyak orang

Anda dapat mulai membangun network dengan berkenalan dengan orang-orang baru. Buatlah target, misalnya berkenalan dengan 30 orang baru setiap minggu. Usahakan supaya target ini selalu tercapai.

  • Mengikuti banyak kegiatan

Ikuti berbagai kegiatan seperti kegiatan volunteer, kegiatan kemahasiswaan jika Anda seorang pelajar, atau kegiatan yang berkaitan dengan hobi Anda. Dengan mengikuti berbagai kegiatan, Anda akan memiliki lebih banyak kesempatan untuk bertemu orang-orang baru.

  • Keep in touch!

Tidak hanya berkenalan saja, Anda juga harus membangun hubungan yang baik. Hal mudah yang dapat dilakukan adalah dengan menanyakan kabar. Anda juga bisa bertemu sesekali untuk mempererat jaringan yang Anda miliki.

  • Bergabung dengan komunitas Online

Selain mengikuti kegiatan off-line, Anda dapat bergabung dengan komunitas online. Memang perlu diakui bahwa komunitas online mampu mempertemukan Anda dengan banyak orang-orang baru dari berbagai daerah.

  • Perkenalkan bisnis Anda

Jika sudah memiliki hubungan yang cukup dekat, mulailah perkenalkan bisnis yang Anda geluti. Anda dapat memulainya dengan memberikan sampel atau hadiah pertemanan.

  • Melakukan segala sesuatu dengan baik

Salah satu keuntungan mempunyai network adalah peluang untuk dipromosikan. Untuk mendapatkan keuntungan ini, tentu saja Anda harus memiliki integritas. Oleh karena itu, selalu lakukan yang terbaik. Dengan melakukan yang terbaik maka network yang Anda miliki tidak akan segan-segan merekomendasikan bisnis Anda pada orang lain.

  • Berhati tulus

Yang terutama, membangun sebuah network berarti menjalin hubungan dengan manusia lainnya. Seperti manusia lainnya, Anda juga ingin mendapat perlakuan yang tulus. Jadi jangan semata-mata berkenalan dengan orang-orang baru hanya untuk keperluan bisnis saja. Anggap mereka sebagai teman baru Anda.


Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *