Exact matches only
Search in title
Search in content
Search in comments
Search in excerpt
Search in posts
Search in pages
Search in groups
Search in users
Search in forums
Filter by Categories
Announcements
Community
Entrepreneur
Internet
Motivation
Opportunity
People
Tips and Tricks
Strategi Mengembangkan Bisnis Startup
May 4, 2014
2

Jika kamu baru saja memulai membangun sebuah bisnis Startup, kamu perlu strategi untuk mengembangkannya supaya bisnismu tidak menjadi stagnan. Banyak metode yang bisa dijalankan untuk mengembangkan bisnismu menjadi sebuah bisnis berskala besar yang menghasilkan banyak keuntungan. Berikut adalah beberapa cara yang bisa kamu jalankan untuk mengembangkan bisnismu, tidak perduli jenis bisnis apa yang kamu jalankan.

1. Tingkatkan kolaborasi bisnis. Kolaborasi bisnis berarti melakukan kerjasama dengan pihak lain untuk memperlancar bisnis kita. Tidak ada pelaku bisnis yang mampu melakukan semuanya sendirian. Contohnya jika kita berbisnis jula beli secara online, tentu saja kita membutuhkan bantuan pihak lain untuk pengepakan barang, jasa pengiriman barang sekaligus jasa bank untuk mentransfer uang. Kunci utama dalam berkolaborasi adalah memilih partner yang dapat diandalkan dan dipercaya.

2. Selalu Berinovasi. Inovasi berarti menemukan cara, metode atau produk baru yang lebih baik yang dapat meningkatkan omzet sekaligus memberi nilai tambah bagi bisnismu. Hampir semua aspek dalam bisnis memerlukan inovasi. Mulai dari manajemen, pengembangan produk hingga ke pengelolaan keuangan.

3. Junjung profesionalisme. Profesionalisme mencakup cara bertingkah laku, berpenampilan maupun dalam mengelola usaha. Profesional dalam bertingkah laku meliputi sikap kita dalam berbisnis, cara menghadapi konsumen dengan kepribadian yang berbeda, cara menangani masalah sekaligus menyelesaikannya dan cara mengucapkan terima kasih kepada pelanggan. Profesional dalam mengelola usaha antara lain menerapkan teknik pencatatan keuangan yang rapi, pemisahan harta pribadi dan aset usaha sekaligus melayani order dengan tepat waktu.

4. Merancang program, target, dan agenda. Merancang program, target dan agenda harus jelas dan terencana. Tanpa ketiga hal tersebut, dapat dipastikan bisnis kita tidak pernah bisa melesat tinggi.

5. Memaksimalkan teknologi sebagai sarana promosi. Sarana promosi ini dapat dilakukan melalui fitur BBM, Facebook dan Kaskus. Kaskus merupakan jaringan kommunitas tersebar di Indonesia yang juga cukup prospektif untuk mendorong penjualan. Teknologi lain yang sangat menunjang bisnis adalah fasilitas situs web gratisan seperti blog.

6. Manfaatkan jaringan teman. Semakin banyak orang yang kita kenal, semakin luas peluang untuk mengembangkan bisnis kita. Sumber jaringan teman kita antara lain tempat kerja, organisasi yang kita ikuti atau kampus tempat kita menimba ilmu. Jangan menjadikan  mereka target pasar semata, namun dekatilah dengan tujuan untuk lebih mengenali secara personal. Jika mereka nyaman berada di dekat kita, jalan untuk mengenalkan bisnis akan lebih mudah.

7. Ikutilah berbagai kompetisi bisnis. Dengan mengikuti kompetisi bisnis akan banyak keuntungan yang diperoleh antara lain mendapat tambahan modal usaha, memperluas jaringan bisnis, mendapatkan banyak ilmu baru, meningkatkan percaya diri dan memperkenalkan bisnis kamu kepada masyrakat luas.


  1. ini dia startup baru indonesia utk promosi online terbaik.. yok join https://www.bannership.com

  2. Thanks buat tipsnya, sangat membantu. Sukses selalu.

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *