Exact matches only
Search in title
Search in content
Search in comments
Search in excerpt
Search in posts
Search in pages
Search in groups
Search in users
Search in forums
Filter by Categories
Announcements
Community
Entrepreneur
Internet
Motivation
Opportunity
People
Tips and Tricks
Tips Membangun Bisnis Kuliner
May 26, 2014
2

Apa kamu hobi memasak dan memiliki minat besar di bidang kuliner? Kenapa tidak mencoba mengembangkannya menjadi bisnis? Tentu akan menyenangkan bila bisa menyalurkan hobimu sekaligus menghasilkan penghasilan tambahan. Dalam berbisnis kuliner, inovasi dan kreativitas sangatlah diperlukan untuk menciptakan menu masakan yang lezat dan unik sehingga. Makanan yang dijual pun harus disesuaikan dengan selera pasar dan konsumen.

Strategi pertama untuk memulai bisnis kuliner adalah memilih lokasi yang strategis dan mempertimbangkan target konsumen yang dituju. Misalnya bila targetmu adalah para pelajar atau mahasiswa maka harga produknya harus terjangkau dengan kondisi keuangan mereka, selain itu makanannya juga harus lezat, memenuhi selera serta aman bagi kesehatan mereka. Wirausaha kuliner juga tentunya harus menjaga kualitas makanan dan pelayanan restorannya. Dengan pelayanan dan kualitas yang baik para pelanggan pasti akan kembali datang berkunjung atau memesan masakan anda lagi.

Apabila kamu sekarang memiliki modal terbatas, fokuskan dulu pada satu gerai. Lokasi sangatlah penting untuk diperhatikan, pilihlah lokasi yang dekat dengan keramaian sehingga geraimu mudah dicari dan dilihat pelanggan. Jangan lupa melakukan promosi dengan menyebarkan brosur kepada calon pelanggan atau melalui website dan jejaring sosial bila targetmu adalah anak muda. Selain itu kamu harus tekun melakukan riset tentang jenis makanan apa saja yang sedang banyak diminati masyarakat, dengan mengetahui selera pasar kamu bisa terus berinovasi dalam menciptakan menu-menu andalan.

Membuka usaha kuliner merupakan bisnis yang sangat potensial karena makanan merupakan kebutuhan pokok manusia dan akan selalu diminati banyak orang. Dan biasanya bisnis ini sangat berportensi bila lokasinya berada di sekitar perkantoran, sekolah dan universitas karena mereka yang beraktivitas di tempat-tempat tersebut akan mencari tempat untuk makan ketika jam makan siang tiba. Berbagai usaha kuliner yang dapat  anda lakukan diantaranya  adalah menjual  mie ayam, bakso, bubur ayam, gado-gado, sate ayam, batagor, pempek, es cendol, jus buah dan banyak macamnya lagi. Tergantung dari skill dan minat anda dalam bidang kuliner.

Ketika menjalankan usaha ini tentu ada beberapa hambatan yang akan kamu temui, di antaranya bahan masakan yang tidak habis terjual sehingga menyebabkan kerugian. Untuk menghindarinya kamu harus pandai mengantisipasi dengan cara mengetahui menu apa saja yang lebih disukai  pelanggan. Selain itu buatlah perkiraan logistik yang akurat untuk mengindari kelebihan bahan. Hambatan lainnya adalah banyaknya pesaing yang sudah menjalankan usaha yang sama dan lokasinya yang berdekatan dengan usaha kamu. Kamu sebenarnya tidak perlu khawatir, karena masalah ini bisa diatasi dengan menciptakan keunikan dalam menu masakanmu, memberikan servis yang memuaskan sekaligus harga yang kompetitif bagi pelanggan.


  1. Untuk mulai bisnis kuliner kita harus punya keahlian memasak atau tidak?

  2. Membantu mwnjawab pertanyaan achmad, secaha basic memang dibutuhkan sedikitnya pengetahuan untuk kuliner, entahbitu memasak /atau pemilihan bahan dan sebagainya, akan tetapi faktor utama yang dapat menjadikan suatu bisnis kuliner dapat berjalan dengan baik adalah management logistik, managemen pemasaran, dan customer service untuk rasa / produk banyak hal yang kita dapat lakukan, entah membeli resep/ memperkerjakan chef.. lokasi sangat penting.. tetapi akan lebih baik ketika kita berbisnis kuliner kita mengerti akan kualitas yang kita jual,

    Semoga membantu..

    (Please visit our outlet,

    Kerang Geladak, maze market tanggerang selatan)

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *