Search in posts
Search in pages
Search in groups
Search in users
Search in forums
Filter by Categories
Announcements
Community
Entrepreneur
Internet
Motivation
Opportunity
People
Tips and Tricks
Tips Memilih Partner Bisnis
Business Partnership

Sedang berencana untuk membangun bisnis? Pastinya akan lebih mudah bila kamu memiliki partner dengan visi yang sama dalam membangun bisnis. Faktanya kebanyakan para pengusaha yang sukses tidak menjalankan bisnis mereka sendirian, mereka mempunyai partner yang menyokong mereka dalam berbagai aspek. Memiliki partner yang bisa diandalkan tentu akan sangat membantu untuk mencapai kesuksesan yang lebih besar dalam jangka waktu yang lebih singkat. Namun sama seperti mencari jodoh, mencari seorang partner bisnis bukanlah hal yang mudah dan menurut statistik banyak kemitraan bisnis yang gagal karena berbagai faktor.

Jadi bagaimana cara memilih partner yang bisa membantu bisnismu untuk menjadi jauh lebih maju? Berikut adalah 5 tips yang bisa kamu pertimbangkan sebelum memilih partnermu:

1. Kebiasaan kerja yang sama. Sangatlah penting untuk memiliki partner yang memiliki kebiasaan kerja yang tidak jauh berbeda darimu. Jika kamu bekerja pada jam 6 pagi sampai jam 9 malam tapi partnermu datang pada siang hari dan pulang pada jam 5 sore, tentu hal ini akan menjadi masalah. Buatlah kesepakatan dalam jam kerja dan tanggung jawab masing-masing pihak sebelum kemitraan kerja dibentuk supaya tidak ada pihak yang merasa dirugikan atau dibebani terlalu banyak.

2. Memiliki kondisi finansial dan emosi yang stabil. Sebelum memulai kemitraan, kamu perlu tahu keadaan finansial orang yang akan kamu ajak kerjasama. Cari tahu apakah mereka memerlukan uang secepatnya atau berapa lama mereka bisa bertahan saat masa sulit tiba. Karena seseorang dengan keadaan finansial yang tidak stabil akan lebih memilih untuk mengorbankan prospek sukses jangka panjang untuk meraih keuntungan yang cepat.

Emosi yang stabil juga harus dimiliki partnermu. Karena bayangkan saja kamu akan menghabiskan banyak waktu dengan orang ini jadi kamu harus bisa bertoleransi dan menikmati kebersamaanmu dengannya. Selain itu partnermu juga akan mewakili dan memimpin perusahaanmu, jadi pastikan dia sanggup menghadapi segala tekanan yang ada.

3. Keahlian yang saling melengkapi. Jangan pernah memilih partner yang serupa denganmu. Keahlian partnermu harus bisa melengkapi keahlian yang kamu miliki daripada menduplikasinya. Carilah orang dengan keahlian dan talenta yang bisa dikembangkan dalam sebuah tim. Dengan begitu kamu dan partnermu bisa saling melengkapi kekurangan masing-masing dan bergantung pada satu sama lain dalam menghadapi segala macam situasi.

4. Visi yang sama. Pada awalnya akan mudah untuk saling berkompromi namun bagaimana dengan tujuan jangka panjang bisnis kalian? Pastikan visi yang kamu miliki itu sejalan dengan visi partner pilihanmu.

5. Kepercayaan. Setiap hubungan bisnis yang baik pasti berlandaskan kepercayaan pada satu sama lain. Karena itu kamu harus percaya sepenuhnya pada partnermu. Bila kamu masih memiliki keraguan atau kecurigaan pada partnermu, lebih baik kamu segera keluar dari kemitraan tersebut.


Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *