Search in posts
Search in pages
Search in groups
Search in users
Search in forums
Filter by Categories
Announcements
Community
Entrepreneur
Internet
Motivation
Opportunity
People
Tips and Tricks
Tips Mengelola Keuangan UKM

Dalam berbisnis, mengelola keuangan adalah salah satu kemampuan wajib yang harus dikuasai seorang pebisnis. Pada dasarnya, berapa pun penghasilan yang didapatkan dari suatu usaha, pebisnis tidak akan merasa untung jika tidak pandai mengatur keuangan. Terlebih pada skala kecil seperti Usaha Kecil Menengah (UKM) yang menjadi tulang punggung perekonomian bangsa Indonesia.

Masalah manajemen keuangan selalu menjadi kelemahan utama para pengusaha UKM. Mereka selalu menggabungkan antara uang dari usaha dan uang keluarga sehingga tidak memiliki laporan keuangan secara nyata. Perilaku penduduk yang semakin bersifat konsumtif, semakin mengecilkan keuntungan yang seharusnya didapat oleh UKM. Menurut Fasilitator Start and Improve Your Bussiness (SIYB) Indonesia Yani Susanti di Bandung, Jumlah usaha di Jawa Barat yang telah memiliki laporan keuangan usaha yang terpisah dengan keluarga ditaksir hanya sekitar 30 persen dari total UKM. Sedangkan total UKM yang terdapat di Jawa Barat berjumlah sekitar 8,2 juta UKM.

Oleh karena itu, kemampuan untuk mengelola keuangan UKM sangat diperlukan sekali mengingat jumlah pengusaha UKM yang mengetahuinya juga terlampau sedikit. Beberapa langkah yang dapat dilakukan agar dapat mengatur keuangan dengan baik adalah sebagai berikut :

Fokus dan Spesifik

Sebagai awalan untuk mengatur semua hal seperti investasi, asuransi dll. sebaiknya dimulai dengan satu poin awal. Biasanya dimulai dengan laporan pendapatan dan pengeluaran yang terstruktur dengan rapi. Kemudian fokuskan untuk mengetahui perkembangan keuangan dengan melihat hasil keuntungan yang didapat.

Bertahap

Setelah mampu berfokus pada salah satu poin, maka secara bertahap berlanjut ke poin selanjutnya. Misalnya setelah merasa kondisi keuangan sudah dapat dikelola dengan baik, barulah berfokus pada hal lain seperti menyiapkan dana darurat atau investasi. Sebaiknya, dalam mengatur keuangan bisnis Anda maka perlu perasaan nyaman dan bahagia agar termotivasi untuk melakukannya dalam jangka waktu yang panjang.

Konsisten

Untuk menjaga keuangan agar tetap di jalan kesuksesan Anda, maka lakukan dengan konsisten. Semua rencana anggaran dan keuangan yang ditetapkan dalam jangka panjang, akan dapat tercapai jika dilakukan dengan konsisten. Jika berhenti di tengah jalan, maka peluang keberhasilan target akan semakin kecil.

Menjaga Arus Kas

Arus kas selalu terdiri dari dua hal yakni pengeluaran dan pemasukan. Semua pengusaha UKM jelas selalu mengusahakan agar pemasukan lebih besar daripada pengeluaran. Untuk mencapai hasil tersebut, ada tiga hal yang dapat dilakukan dalam pemasukan. Pertama, memperbanyak asal pemasukan itu didapatkan. Semakin banyak asal pemasukan tentunya semakin besar pemasukan yang akan didapat. Kedua, Berusaha agar total pemasukan bertambah setiap tahunnya. Disini perlu adanya kreatifitas untuk dapat menaikkan total pemasukan. Ketiga, selalu menambahkan nilai investasi saat pemasukan bertambah. Investasi sangat baik untuk menjaga kesehatan arus kas dalam jangka panjang.


  1. Eshaa said on 08/02/2014

    Bagus nih infonya. Soalnya emang aku lagi mo coba bisnis kecil-kecilan. Ini ko Japra yang tulis sendiri?

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *