Exact matches only
Search in title
Search in content
Search in comments
Search in excerpt
Search in posts
Search in pages
Search in groups
Search in users
Search in forums
Filter by Categories
Announcements
Community
Entrepreneur
Internet
Motivation
Opportunity
People
Tips and Tricks
Tips Meniti Karir di Bidang Desain Interior
November 10, 2017
0

Bertumbuhnya perusahaan jasa desain interior Jakarta memberikan dampak positif terhadap terbukanya lapangan kerja untuk para calon-calon desainer profesional. Kebutuhan akan lulusan sekolah desain, khususnya desain interior pun semakin meningkat. Hal ini disebabkan karena permintaan akan jasa desain interior juga terus bertumbuh setiap tahunnya. Industri properti yang terus menerus mengalami peningkatan dari sisi pasar maupun volume jelas turut memberikan pengaruh positif terhadap konsultan dan kontraktor interior di Indonesia, khususnya di Jakarta. Apalagi lahan-lahan di Jakarta dan kota penyangga di sekitarnya masih cukup luas untuk dibangun residensial dan kawasan bisnis. Serpong, Bekasi, Bogor, Tangerang adalah wilayah-wilayah yang ekonominya terus bergerak dinamis. Tentu saja kebutuhan desain interior juga bertambah dan menjadi peluang baru bagi pelaku usaha di industri ini dan sumber daya manusianya.

Bagaimana para fresh graduate mengambil kesempatan dari pertumbuhan industri ini? Meniti karir di tengah-tengah bergairahnya bisnis memang peluangnya lebih besar. Namun jangan lupa bahwa persaingan pun juga cukup ketat. Maka selagi masih kuliah, sering-seringlah membuat portofolio karya sekalipun dibayar kecil atau bahkan tidak dibayar sama sekali. Apalagi kalau pernah menangani proyek-proyek besar meskipun perannya hanya sedikit. Namun perusahaan-perusahaan jasa desain interior Jakarta akan melihatnya sebagai nilai plus dibandingkan hanya mengandalkan IPK. Dalam industri kreatif seperti desain interior, yang dibutuhkan dan diberi kredit adalah seberapa banyak karya yang sudah dihasilkan, bukan angka-angka hasil ujian yang termaktub dalam transkrip nilai.

Langkah berikutnya adalah membuat blog untuk menunjukkan karya. Di era internet seperti sekarang ini, perusahaan akan memilih para desainer-desainer yang berani memajang karyanya, khususnya karya yang sudah pernah diaplikasikan, di dalam aset digital mereka. Bahkan isinya tidak harus berupa karya saja, melainkan juga artikel-artikel buah pemikiran sendiri tentang dunia desain interior. Aset digital yang dikelola secara serius bisa menjadi investasi masa depan bagi pengembangan karir calon desainer tersebut. Apalagi kalau banyak yang mengundangnya sebagai narasumber untuk berbicara mengenai interior, meski ini biasanya terjadi kalau seorang desainer sudah memiliki jam terbang yang tinggi. Sedangkan mereka yang baru merintis karir, hal ini jarang terjadi walaupun tentu tidak mustahil.

Ketika sudah diterima oleh salah satu perusahaan jasa desain interior Jakarta yang bereputasi, tahapan yang harus dilakukan adalah tentu saja bekerja sebaik-baiknya. Istilah “sebaik-baiknya” bisa berarti selalu mengambil kesempatan ketika ada proyek yang didapat oleh perusahaan ketika karyawan lagi tidak ada yang mau mengambil. Memberikan usaha melebihi apa yang diterima merupakan prinsip orang sukses. Going to extra miles, demikian ungkapan yang sering didengar. Semakin sering mengerjakan proyek dan tepat waktu, maka manajemen perusahaan akan semakin percaya. Dampaknya, bisa cepat dipromosikan.

Memiliki akun media sosial seperti LinkedIn sangat direkomendasikan agar kompetensi seorang desainer interior bisa dilihat oleh jaringan profesional. Sering memposting hasil karya membuatnya semakin bertambah kredit kredibilitas. Dan bahkan akan dicari oleh head hunter-head hunter yang berburu kandidat berpengalaman untuk klien-klien mereka. Dan biasanya mereka bukan lagi mencari melalui CV-CV yang dikirim ke perusahaan mereka, melainkan dari aset digital yang dimiliki oleh desainer interior tersebut.

Testimoni adalah cara lain untuk meningkatkan karir di industri ini. Mintalah klien-klien yang puas terhadap hasil kerja kita untuk memberikan testimoni di akun media sosial atau di blog. Semakin banyak yang memberikan endorsement semakin bagus untuk menambah kredit kompetensi di mata perusahaan-perusahaan desain interior lainnya.


Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *