Search in posts
Search in pages
Search in groups
Search in users
Search in forums
Filter by Categories
Announcements
Community
Entrepreneur
Internet
Motivation
Opportunity
People
Tips and Tricks
Trik Jitu Promosi Online (Part 1)
30/01/2014
0

Semakin banyaknya jenis usaha yang telah bermunculan, maka akan semakin sulit dan sengit pula persaingan yang terjadi. Berawal dari keinginan untuk mendapatkan pasar baru, sebagian orang kini telah melebarkan teknik marketingnya ke dunia maya yakni dengan bisnis online. Perkembangan dunia komunikasi dan pengetahuan, membuat internet telah menjadi kebutuhan yang umum bagi setiap orang khususnya untuk berbisnis. Dunia maya menghadirkan pasar yang lebih luas dibandingkan dengan dunia nyata. Dengan berbisnis online akan memiliki kemungkinan untuk memperoleh pesanan dari konsumen di luar negeri, pesanan semacam ini sulit didapat dari bisnis yang ada di dunia nyata. Karena keuntungan yang lebih besar ini, orang yang menjalankan suatu sistem marketing harus mengetahui seluk beluk dari internet dalam pengaruhnya kepada pemasaran produk.

Sama seperti bisnis pada umumnya, ada tiga langkah yang harus dibuat ketika memulai suatu bisnis online. Produk, toko dan promosi. Secara dasar, ahli marketing juga harus menguasai ketiga elemen ini untuk dapat mengawali suatu bisnis online.

Produk

Bisnis online harus diawali dengan adanya produk yang harus ditawarkan. Secara umum, produk dalam suatu bisnis dapat berupa produk atau juga berbentuk jasa. Dalam suatu bisnis, selalu menghadirkan dua macam jenis produk tersebut. Produk yang akan ditawarkan akan menjadi acuan dari semua elemen lainnya. Contohnya, untuk melakukan promosi dalam memasarkan bidang travel jasa maka perlu diadakan sebuah iklan dan promo perjalanan.

Produk diusahakan memilki nilai unik dan inovatif yang tinggi. Produk semacam akan sangat mudah untuk mendapatkan pelanggan meskipun tidak terlalu gencar cara promosinya. Berbeda halnya dengan produk yang sudah tersebar di banyak tempat, maka teknik promosi haruslah dimaksimalkan.

Produk sangat berhubungan dengan harga. Harga yang ditawarkan di bisnis online biasanya akan lebih murah karena tidak melewati banyak perantara. Sebelum menentukan harga yang kompetitif, ada baiknya untuk melakukan riset kecil-kecilan terhadap produk sejenis dari competitor untuk melihat berapa kisaran harga yang mereka tawarkan. Jangan sampai kualitas produk sama tapi Anda menawarkan dengan lebih mahal. Kecuali jika ada nilai lain yang Anda berikan pada produk tersebut, misalnya bonus berupa ebook atau produk lainnya.

Toko

Bisnis nyata selalu mempunyai tempat untuk memasarkan produk kepada konsumen. Tempat tersebut pada umumnya berupa toko. Sama halnya dengan toko, mengawali suatu bisnis online diperlukan suatu tempat yang digunakan memasarkan produk. Di dunia maya, tempat semacam itu biasanya dikenal dengan nama domain atau situs. Situs ini yang akan menjadi toko untuk mengawali kegiatan promosi produk yang ditawarkan.

Toko biasanya dibeli atau disewa dengan membayarkan sejumlah nominal. Begitu pula dengan situs. Situs tersebut dibeli atau disewa dengan membayar kepada penyedia situs. Perbedaannya terletak dari sisi harga. Jika harga sewa toko itu sangat mahal mencapai Rp 50 juta per tahun, maka untuk memiliki sebuah situs hanya memerlukan Rp 100 ribu untuk memulai. Jauh lebih murah. Harga tersebut merupakan harga yang paling rendah yang biasanya ditawarkan. Meskipun dengan harga yang lebih murah, yang terpenting fungsi toko dalam sebuah bisnis online telah dapat digunakan. Situs akan menjadi berkembang seiring waktu dengan memilih cara promosi yang tepat.

Promosi

Secara umum, Promosi dalam bisnis online sama saja dengan promosi di bisnis nyata. Bisnis online biasanya dimulai setelah bisnis nyata dilakukan. Untuk menjaring lebih luas pelanggan, maka pelaku bisnis sering menambah bisnis online dalam daftar kerjanya. Promosi suatu bisnis online dibagi menjadi dua besar yakni promosi offline dan promosi online. Promosi offline adalah promosi yang dilakukan di dunia nyata. Contohnya dengan cara memasang spanduk, brosur atau yang lainnya dengan tujuan untuk memberitahukan tentang adanya suatu produk. Semakin banyak orang yang mengenal produk tersebut maka semakin berpeluang untuk mendapatkan konsumen.


Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *