Search in posts
Search in pages
Search in groups
Search in users
Search in forums
Filter by Categories
Announcements
Community
Entrepreneur
Internet
Motivation
Opportunity
People
Tips and Tricks
Trik Jitu Promosi Online (Part 2)

Sebagai salah satu cara menarik pengunjung untuk masuk ke website dan mengkonversikannya menjadi pembeli, promosi online dapat dilakukan langsung melalui situs atau melalui cara yang lain seperti pasang iklan di Google dan Facebook. Terdapat tiga strategi yang dapat digunakan dalam menjalankan promosi online dengan efektif, yaitu:

Konten Website

Setelah memiliki sebuah situs sebagai toko dan produknya, maka yang harus dipastikan adalah keefektifan situs. Kebanyakan orang yang mengawali bisnis online akan lebih cenderung memilih situs yang cantik dan dengan design yang bagus. Padahal cara seperti ini membutuhkan biaya yang lebih besar lagi dan cenderung kurang efektif untuk pebisnis online pemula. Sebenarnya yang paling penting adalah efektifitas sebuah website dalam memberikan informasi kepada konsumen dan memudahkan mereka untuk bertransaksi. Situs yang efektif dapat dilihat dari segi ukurannya yang sederhana sehingga dapat menjaring pelanggan agar dapat melakukan transaksi. Ukuran situs yang sederhana menguntungkan dari segi kecepatan akses. Jangan sampai website Anda terlihat begitu indah dengan animasi-animasi flash namun sangat lambat ketika viewer mengklik menu tentang Cara Pembelian. Semakin banyak hal-hal yang ‘tidak penting’ di dalamnya, akan semakin lambat juga web tersebut diakses.

Kemudian yang tidak kalah penting adalah isi situsnya alias konten. Isi yang jelas dan terarah dapat menjadi cara promosi online terbaik untuk seluruh jenis bisnis online. Kejelasan tentang info produk, keunggulan dan manfaat produk, spesifikasi, harga produk dan cara menghubungi serta cara melakukan pembelian produk adalah hal dasar yang harus dipersiapkan dengan baik. Banyak sekali orang yang melupakan hal dasar semacam ini, sehingga membuat pengunjung yang ingin melakukan pembelian menjadi bingung dan akhirnya tidak jadi membeli. Ini adalah kerugian besar bagi bisnis online. Cara terbaik untuk membuat situs jualan Anda berbeda dari yang lain adalah kontennya. Konten tidak melulu mempromosikan produk yang dijual. Justru lebih bagus kalau konten bisa memberikan pandangan, informasi yang bermanfaat, tips dan trik mengenai tema yang berkorelasi dengan produk Anda. Misalnya, Anda menjual produk obat jerawat. Maka mengapa tidak Anda posting artikel-artikel yang berkaitan dengan jerawat seperti tips membersihkan komedo, cara menghilangkan flek, makanan yang bisa menyebabkan tumbuhnya jerawat, sayuran dan buah-buah yang bisa mencegah jerawat dan sebagainya. Ini jauh lebih bermanfaat dan membuat pembaca ingin membeli produk Anda ketimbang sekedar bercerita betapa hebatnya obat jerawat yang Anda jual.

Konten is the King, demikian para pakar internet marketing menasehati para pebisnis online. Alih-alih membaca tentang produk review, pengunjung website akan lebih suka mencari artikel yang dianggap bisa memberikan solusi terhadap masalah mereka. Dan perlu diketahui pula bahwa Google sangat senang dengan blog atau website yang kontennya selalu diupdate. Meski Anda tidak mengerti tentang teknik SEO, asalkan Anda rajin posting artikel terbaru setiap hari, dijamin web Anda akan ditampilkan di halaman pertama Google apabila ada yang mengetikkan kata kunci yang berkaitan dengan produk Anda.

Strategi konten adalah cara paling murah, efektif dan tepat sasaran dalam mempromosikan website Anda. Dibanding memasang iklan yang membutuhkan biaya, membuat artikel untuk website hanya membutuhkan sedikit usaha saja. Asalkan Anda bisa menulis dengan kata-kata yang enak dibaca, maka pengunjung akan datang dengan sendirinya ke website. Usahakan Anda menulis dengan tema yang berbeda agar pembaca bisa mendapatkan banyak manfaat dari website Anda.


Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *